IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Authors

  • Purwoko Purwoko Universitas Mulawarman
  • Azainil Azainil Universitas Mulawarman
  • Haeruddin Haeruddin Universitas Mulawarman
  • Muhammad Ramli Universitas Mulawarman
  • Sainal Sainal Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.684

Keywords:

E-Learning, Kualitas Pembelajaran, Kalimantan Timur, Implementasi Pendidikan, Teknologi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran e-learning di Provinsi Kalimantan Timur serta dampaknya terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi di beberapa sekolah yang telah menerapkan e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan e-learning memberikan kontribusi positif dalam proses belajar mengajar, terutama dalam meningkatkan akses terhadap materi pembelajaran, interaksi antara guru dan siswa, serta efektivitas waktu dan fleksibilitas belajar. Namun, beberapa tantangan juga ditemukan, seperti keterbatasan infrastruktur, kesiapan guru dan siswa, serta dukungan kebijakan yang bervariasi antar daerah. Secara keseluruhan, implementasi e-learning di Kalimantan Timur memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan jika didukung oleh perencanaan yang matang dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

References

Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1, No. 1).

Amalina, F. (2014). Teori dan Prinsip Pendidikan Cileduk: PT. Pustaka Mandiri

Djamarah, Syaiful B dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2016). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Edukasi: Jurnal 13(2), 161-174.

Hamalik, O. 1986. Media Pendidikan. Bandung : Penerbit Alumni

Kamarga, Hanny. 2002. Belajar Sejarah melalui e-learning; Alternatif Mengakses Sumber Informasi Kesejarahan. Jakarta: Inti Media.

Putranto, A. (2011). Perancangan Sistem E Learning Berbasis Web dengan Analisis SWOT pada Sekolah Menengah Computer, Umum. ComTech: Mathematics and Engineering Applications, 2(2), 646 661.

Prakoso, K (2005). Membangun E-Learning dengan Moodle. Yogyakarta : Andi

Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda Karya.

Soekarwati., 2000. Prospek Pembelajaran Melalui Internet, Makalah Seminar Teknologi Kependidikan, UT Pustekkom dan IPTPI, Jakarta.

Soekartawi, 2003. Prinsip Dasar E-Learning: Teori dan Aplikasinya di Indonesia, Jurnal Teknodik, Edisi No.12/VII/Oktober/ 2003.

Utomo, Junaidi. 2001. Dampak Internet Terhadap Pendidikan : Transformasi atau Evolusi, Seminar Nasional Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal pendidikan profesi guru, 1(1), 51-65.

Wibawanto, W., & Ds, S. S. M. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif Publisher.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Purwoko, P., Azainil, A., Haeruddin, H., Ramli, M. ., & Sainal, S. (2025). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 422–433. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.684

Issue

Section

Articles