IMPLEMENTASI PENGELOLAAN SEKOLAH BERBASIS MUTU PENDIDIKAN STUDI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS STUDI KASUS DI SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR

Authors

  • Ahmad Fauzi Universitas Mulawarman
  • Haeruddin Haeruddin Universitas Balikpapan
  • Azainil Azainil Universitas Mulawarman
  • Muhammad Ramli Buhari Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.766

Keywords:

Manajemen Sekolah, Mutu Pendidikan, SMA, Evaluasi Mutu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pengelolaan sekolah berbasis mutu pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pengelolaan sekolah berbasis mutu dilakukan melalui tiga komponen utama, yaitu perencanaan strategis, pelaksanaan program mutu, dan evaluasi kinerja. Namun, masih ditemukan beberapa kendala seperti keterbatasan sumber daya manusia yang kompeten, minimnya pelatihan manajemen mutu, dan lemahnya sistem evaluasi berbasis data. Upaya peningkatan dilakukan melalui penguatan peran kepala sekolah sebagai manajer mutu, peningkatan partisipasi guru dan orang tua, serta penggunaan teknologi informasi dalam proses evaluasi. Penelitian ini merekomendasikan perlunya sinergi antara pemerintah daerah, sekolah, dan masyarakat dalam mewujudkan manajemen mutu pendidikan yang berkelanjutan.

References

Alawiyah, A., Sukron, J., & Firdaus, M. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Times Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 69–82. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah

Arcaro, Jerome S. 2007. Pendidikan Berbasis Mutu; Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Amalina, F. (2014). Teori dan Prinsip Pendidikan. Cileduk: PT. Pustaka Mandiri

Ali, M. (2000). Sistem Penjaminan Mutu dalam Manajemen Mutu Pendidikan. Jurnal Mimbar Pendidikan,1 Tahun XIX: 28-3

Department for Education and Children Service. (1996). “Quality Assurance Framework in School: Guidelines for Implementation”, Adelaide: Quality Assurance Unit.

Hamalik, O. 1986. Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni

Hajar, Ruyatul. 2017. “Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Madrasah: Studi Di MTs Assurur Dan MTs Arrohmah Kota Tasikmalaya.” Indonesian Journal of Education Management and Administration Review IJEMAR 1 (1): 89–98.

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2010 tentang Program Percepatan Pembangunan

Muhammad, Hamid. 2016. Pedoman Umum Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar Dan Menengah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.

MY, Nurmaini. 2019. “Meraih Mutu Sekolah Melalui Data Mutu: Suatu Tinjauan.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 19 (2): 347. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.677.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi (SI) Kependidikan, UT Pustekkom dan IPTPI, Jakarta.

Pemerintah Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Presiden Indonesia.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301)

Raharjo, dkk. 2019. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Jurnal Panjar. Vol. 1.

Rahmania, Ika. 2020. Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Untuk Meningkatk an M Utu Pendidikan Di SMP Negeri 21 Malang.

Rahwati, Dedeh. 2019. “Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar.” Indonesian Journal of Education Management and Administration Review 3 (Management and Administration Review): 13–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i 1.2945.

Simarmata, Jonner. 2015. “Analisis Implementasi Penjaminan Mutu Di Sma Negeri 3 Kota Jambi.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 15 (4): 54–62

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Fauzi, A. ., Haeruddin, H., Azainil, A., & Buhari, M. R. . (2025). IMPLEMENTASI PENGELOLAAN SEKOLAH BERBASIS MUTU PENDIDIKAN STUDI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS STUDI KASUS DI SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR. Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 688–697. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.766

Issue

Section

Articles