PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN CERPEN SISWA KELAS VIII SMP SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v2i1.48Keywords:
Model STAD, Menulis, CerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMP Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen degan desain true design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN yang berjumlah 168 siswa. Penentuan sampel dengan teknik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen terdiri dari 41 siswa dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol terdiri dari 41 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu post-test. Proses pengumpulan data dengan cara menugaskan siswa menulis teks ulasan cerpen. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor post-test berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data adalah uji- t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII Smp Sultan Iskandar Muda Medan dengan menggunakan model STAD dan tanpa menggunakan model STAD. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji- t yaitu thitung = 18,90, ttabel = 1,99, sehingga kriteria pengujian hipotesis penelitian ini adalah thitung > ttabel, maka hipotesis nilai H0 ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran STAD dari pada tanpa model pembelajaran STAD terhadap kemampuan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMP Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pelajaran 2018/2019pengaruh, model pembelajaran STAD, menulis teks ulasan cerpen.
References
_____________. 2018. Jenis-jenis Teks. Jakarta : Yrama Widya Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA
Tarigan, Hendry Guntur. 2013. Keterampilan Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.