ASESMEN SUMATIF BUATAN GURU MELALUI SOAL UJI COBA PADA MATERI BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muldawati Muldawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Tatu Hilaliyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.508

Keywords:

Asesmen Sumatif, Soal Buatan Guru, Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis soal buatan guru menggunakan analisis butir soal, melakukan uji coba, pengubahan skor mentah ke nilai jadi melalui Penilaian Acuan Patokan (PAP), dan menentukan deskripsi hasil asesmen siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan mixed methods dengan kuantitatif dan kualitatif.  Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi. Selanjutnya, analisis data dengan statistik dan deskriptif. Didapatkan hasil penelitian analisis butir soal yang tidak valid 5 soal pilihan ganda dan esai semua valid, uji reliabelitas Cronbach’s Alpha menunjukkan nilai 0,679 untuk soal pilihan ganda dan 0,638 untuk soal esai, artinya reliabel. Daya beda soal antara 0,301 hingga 0,365. Tingkat kesukaran soal sedang (67%) dan mudah (33%), sedangkan untuk soal esai, soal mudah (40%) dan soal sedang (60%). Dari hasil pengolahan data, sebanyak 88% siswa (30 dari 34 siswa) dinyatakan lulus, sementara 12% (4 siswa) tidak lulus. Hasil asesmen menunjukkan bahwa 26% dari siswa mencapai nilai A, artinya peserta didik mampu mencapai seluruh indikator tujuan pembelajaran dan berhak mengikuti pembelajaran selanjutnya. Lalu, 62% berada di nilai B, artinya peserta didik sudah menuntaskan sebagian besar indikator tujuan pembelajaran, Kemudian, 12% berada di nilai C, artinya peserta didik masih kesulitan dalam mencapai sebagian tujuan pembelajaran. Penelitian selanjutnya dapat dikonsentrasikan pada peningkatan kualitas soal, terutama dalam hal daya beda dan pengukuran kemampuan berpikir kritis siswa.

References

Daryanto. (2021). Evaluasi Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Jannah, W., Septyanti, E., & Zulhafizh, Z. (2023). Analisis Kualitas Butir Soal Bahasa Indonesia SMP Amal Mulia Boarding School Pekanbaru pada Tes Sumatif Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4045-4053.

Mujiburrahman, Baiq Sarlita Kartiani, & Lalu Parhanuddin. (2023). Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Pena Anda, 1(1), 39–48.

Nazidah, F. (2023). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas Ix Smp Ypm 3 Taman Sidoarjo. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 485-493.

Nurgiyantoro, B. (2017). Asesmen Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prabowo, I. (2024). Analisis Kualitas Soal Asesmen Sumatif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jurnal Ilmiah Insan Mulia, 1(1), 1-7.

Sari, M. C., & Nababan, E. B. (2024). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 290-302.

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 13-24.

Sihombing, L. O. L., Simanulang, R., Siburian, P., & Ariga, H. P. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing Pada Kelas VIII Smp Swasta Cenderamata Medan. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 347-353.

Subai’ah. (2020). Bongkar Pola Soal USBN SD/MI. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar bahasa indonesia siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46-53.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6(6), 10067-10078.

Susanti, S., Fira, D. S., Simamora, I. P., Sartika, M., & Girsang, R. (2024). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kebiasaan Menjiplak/Meniru Tugas Teman Dan Membolos Pada Siswa Kelas X E-3 Di Sman 12 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 63-72.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Muldawati, M., & Hilaliyah, T. (2024). ASESMEN SUMATIF BUATAN GURU MELALUI SOAL UJI COBA PADA MATERI BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 659–668. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.508