PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK TERINTEGRASI CANVA DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI KELAS X SMAIT PUTRI AL HANIF
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.675Keywords:
Media Pembelajaran, Flipbook Digital, Canva, Teks Biografi, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital berbasis flipbook yang terintegrasi dengan Canva guna meningkatkan kualitas pembelajaran teks biografi pada siswa kelas X SMAIT Putri Al Hanif. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Media flipbook dikembangkan dengan mempertimbangkan aspek visual, interaktivitas, dan kemudahan akses, serta divalidasi oleh ahli materi dan media. Hasil validasi menunjukkan bahwa media dinyatakan sangat layak dengan skor validasi ahli materi sebesar 94,5% dan ahli media sebesar 97%. Uji keefektifan dilakukan melalui pre-test dan post-test yang menghasilkan nilai N-Gain sebesar 0,76 atau 76%, dikategorikan tinggi dan efektif. Respon siswa dan guru juga menunjukkan antusiasme dan penilaian positif terhadap media yang dikembangkan. Dengan demikian, media flipbook terintegrasi Canva terbukti layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran teks biografi untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa.
References
Aprilia, T. (2021). Efektivitas penggunaan media sains flipbook berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 10–21.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. New York: Springer.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-Learning And The Science Of Instruction: Proven Guidelines For Consumers And Designers Of Multimedia Learning (4th ed.). San Francisco: Pfeiffer.
Hamalik, O. (2011). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif: Rekonstruksi Pemikiran Dasar Natural Research. Yogyakarta: Penerbit Litnus.
Kridel, C. (1998). Writing Educational Biography: Explorations In Qualitative Research. New York: Garland Publishing.
Kurniawati, R. (2021). Pengaruh Media Flipbook Interaktif Terhadap Pemahaman Teks Biografi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge: Cambridge University Press.
Mayer, R. E. (2021). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge: Cambridge University Press.
Molenda, M. (2015). In search of the elusive ADDIE model. Performance Improvement, 42(5), 34–36.
Mursidi, A. P., dkk (2022). Pengembangan flipbook interaktif untuk siswa kelas 5 sekolah dasar pada materi siklus air. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 128.
Navia, Y., Asri, Y., & Afnita, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 431–439.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, A., & Lestari, H. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Dengan Menggunakan Media Infografis Pada Peserta Didik kelas X di SMA IT Izzuddin Palembang. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial.
Syahputra, M. (2022). Penerapan Media Digital Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Tompkins, G. E., & Jones, P. D. (2019). Teaching Writing: Balancing Process And Product. Boston: Pearson Education.
Utami, D. R. (2023). Pengembangan Materi Ajar E-Modul Menulis Teks Cerpen Berbasis Flipbook Maker Dan Metode Cerpengram Untuk Kelas IX. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Waruwu, V. J., & Hanum, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Strip Story Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Medan. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 23(1), 102–110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Atika Puji Lestiyani, Tatu Hilaliyah, Erwin Salpa Riansi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.