PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF MELALUI POHON LITERASI DI MAS HIDAYATULLAH KABUPATEN BANJAR

Authors

  • Novia Winda Universitas PGRI Kalimantan
  • Erni Susilawati Universitas PGRI Kalimantan
  • Alimuddin A. Djawad Universitas PGRI Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.541

Keywords:

Pembelajaran Kreatif, Produktif, Pohon Literasi

Abstract

Siswa sebagai objek pendidikan memiliki perbedaan individual berdasarkan intelegensia, emosi, motivasi, minat, dan gaya belajar. Perbedaan individual ini memberikan warna dalam proses pembelajaran. Guru memiliki peranan tersendiri untuk menjadi bagian dalam perbedaan individual ini. Temuan hasil observasi, peserta didik kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan bosan mengikuti pembelajaran. Peneliti juga melihat belum ada aktivitas pembelajaran yang melibatkan siswa menciptakan produk inovasi yang kreatif pada proses pembelajaran. Jika hal ini terus berlanjut pembelajaran akan berlangsung begitu saja, tidak menyenangkan, dan bisa berimbas pada hasil belajar kurang memuaskan. Dengan demikan diperlukan metode pembelajaran baru untuk melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran.  Tujuan penelitian ini adalah 1) Menerapkan metode pembelajaran kreatif produktif melalui pohon literasi untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, dan 2) Pembuatan pohon literasi ini mampu menjadi sebuah Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang bertujuan menumbuhkan budaya membaca, menulis, menyimak, berbicara pada warga sekolah, baik kepala sekolah, peserta didik, dan guru yang berujung pada kemampuan mamahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tahapan: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi.   Instrumen penelitian penelitian ini adalah alat dan bahan untuk pembuatan pohon literasi. Kegiatan ini didokumentasikan dalam bentuk foto. Teknik pengumpulan data dengan menyiapkan bahan-bahan pembuatan pohon literasi dan melibatkan seluruh siswa kelas X dalam pembuatan pohon literasi. Tahapan pembelajaran kreatif produktif yakni: (1) orientasi, (2) eksplorasi, (3) interpretasi dengan menilai hasil eksplorasi, (4) re-kreasi, dan (5) evaluasi. Kegiatan penelitian di MAS Hidayatullah Kabupaten Banjar ini yang mampu menerapkan metode pembelajaran kreatif produktif melalui pohon literasi untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, dan pembuatan pohon literasi ini mampu menjadi sebuah Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang bertujuan menumbuhkan budaya membaca, menulis, menyimak, berbicara pada warga sekolah, baik kepala sekolah, peserta didik, dan guru yang berujung pada kemampuan mamahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif.

References

A. Aswardi, D. T. P. Yanto, and T. Ta`ali, (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Menegah Kejuruan melalui Pelatihan Otomasi Industri. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), Vol. 7, No. 2, 355–360.

Agustin, Atalya., Zulaeha, Ida. (2012). Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek Bermuatan Konservasi Budaya dan Menulis Kreatif dengan Model Kreatif-Produktif Melalui Metode Ekspresi Tulis dan Visual Berdasarkan Minat Sastra. Journal of Primary Educational, 1(2), 97-102.

Ain, U.S., dkk., (2023). Pengembangan Media Pohon Literasi Berbasis Cerita Rakyat Suku Sasak untuk Siswa. Jurnal of Classroom Action. 351-358.

Depari, R. B. B., Harianja, P., Purba, C. A., & Prasetya, K. H. (2022). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Siswa SMP Budi Setia Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 439-449.

Ekayati, Rini dan Muhammad Arifin. (2020). Gerakan Literasi Kampung Sadar Sastra (Gelikam Rasa) di Desa Manunggal. Prodikmas: Jurnal Hasil Pengabdian kepada Masyarakat. 5 (1). 6-10.

Girsang, Bina Melvia, dkk. (2022). Pohon Literasi sebagai Media Pembelajaran dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa SMP Kartika 1-I Medan. Kalandra: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 138-141.

Hafida, S. N., & Mukhlishina, I. (2023). Pengembangan Media Kartu Pantun Dalam Pembelajaran Menulis Pantun Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 127-132.

Lubis, R. S., Sinuhaji, R. D. S. B., & Manullang, E. R. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Smk Pangeran Antasari Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 48-53.

Purwo, S. (2017). Peran Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran Kreatif- Produktif di Sekolah Dasar. Jurnal Dewantara. Vol. 3 No. 1. 85-103.

Sari, E. P., & Mukhlishina, I. (2023). Pengembangan Media Papan Tebak Gambar pada Teks Deskripsi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 118-126.

Septika, H. D., Ilyas, M., & Prasetya, K. H. (2024). Development Of Teaching Modules Based On Local Wisdom In Learning Literature Writing For Students In Elementary School Teacher Education Program. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 89-94.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Winda, N., Susilawati, E. ., & Djawad, A. A. . (2024). PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF MELALUI POHON LITERASI DI MAS HIDAYATULLAH KABUPATEN BANJAR. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 830–837. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.541