VALIDITAS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS ANEKDOT BERBASIS KEARIFAN LOKAL SISWA KELAS X SMAN 15 PEKANBARU

Authors

  • Ririn Wulandari Universitas Riau
  • Charlina Charlina Universitas Riau
  • Elvrin Septyanti Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.552

Keywords:

Validitas, Bahan Ajar, Teks Anekdot, Kear, R&D, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas bahan ajar teks anekdot berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas X SMAN 15 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Validitas bahan ajar ditinjau dari aspek materi, bahasa, dan media. Setelah dilakukan pengembangan, bahan ajar teks anekdot berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas X SMAN 15 Pekanbaru ini divalidasi oleh 2 validator dan 1 praktisi yakni ahli materi, bahasa, dan media dengan instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi yang menghasilkan data skor validasi. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar teks anekdot berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas X SMAN 15 Pekanbaru valid untuk digunakan dengan persentase rata-rata validasi sebesar 92% dan berkategori sangat baik.

References

Alfarisi, R. S., & Suseno, S. (2019). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Anekdot Bermuatan Cinta Tanah Air. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(1).

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90.

Auliya, R., Razak, A., & Septyanti, E. (2022). Penerapan Pendekatan Konstruktvisme dalam Pembelajaran Membaca Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTS Darus Shof. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(2), 485.

Desi, P., Bai, B., Sholeh, H., & Sari, D. R. (2023). Pengertian Pendidikan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347.

Enung, N. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Perkembangan Islam Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3155–3159.

Hafida, S. N., & Mukhlishina, I. (2023). Pengembangan Media Kartu Pantun Dalam Pembelajaran Menulis Pantun Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 127-132.

Indriawati, P., Prasetya, K. H., Susilo, G., Sari, I. Y., & Hayuni, S. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 3 Balikpapan. Jurnal koulutus, 6(1).

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Ejournal.Stitpn.ac.id, 2(2), 170–187.

Nurhayati, D., Hermanto, H., & Himawan, R. (2022). Pengembangan Modul Digital Materi Teks Fabel Di Kelas VII SMP: Studi Analisis Kebutuhan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 424-429.

Prasetya, K. H., Utami, K. P., & Indriawati, P. (2024). Analysis Of Language Errors At The Morphological Level In Anecdote Text Writing Of Class X Students MP (Marketing Management) Of SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 63-68.

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335– 343.

Riduan, & Sunarto. (2012). Pengantar Statistik untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Safitri, L., Widyadhana, W., Salsadila, A., Ismiyanti4, M., Purwo, A., Utomo, Y., & Kusuma Yuda, R. (2023). Analisis Kalimat Teks Anekdot pada Buku Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum Merdeka. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 396–414.

Sari, E. P., & Mukhlishina, I. (2023). Pengembangan Media Papan Tebak Gambar pada Teks Deskripsi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 118-126.

Septika, H. D., Ilyas, M., & Prasetya, K. H. (2024). Development Of Teaching Modules Based On Local Wisdom In Learning Literature Writing For Students In Elementary School Teacher Education Program. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 89-94.

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53.

Wahyuni, T., Darsinah, D., & Wafroturrahmah, W. (2023). Inovasi Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka dimensi Kreatif. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(1), 79–86.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Wulandari, R., Charlina, C., & Septyanti, E. . (2024). VALIDITAS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS ANEKDOT BERBASIS KEARIFAN LOKAL SISWA KELAS X SMAN 15 PEKANBARU. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 795–804. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.552