PENGARUH STRATEGI KNOW WANT LEARNED TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Aulia Mukhlis Universitas Riau
  • Elvrin Septyanti Universitas Riau
  • Tria Putri Mustika Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.674

Keywords:

Strategi KWL, Teks Argumentasi, Eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Know-Want-Learned (KWL) terhadap kemampuan memahami teks argumentasi siswa. Penelitian ini menggunakan strategi KWL yang diterapkan melalui tiga tahap, yaitu: Know (apa yang siswa ketahui), Want to Know (apa yang ingin diketahui), dan Learned (apa yang telah dipelajari). Pada tahap awal, siswa diminta mengaitkan pengetahuan awal melalui analogi dan pertanyaan pemicu. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Noneguivalent Control Group Design. Sampel penelitian berupa kemampuan memahami teks argumentasi pada peserta didik kelas XI 10 dan XI 11 sebagai kelas kontrol dan eksperimen. Metode pengumpulan data berupa tes soal pilihan ganda tentang teks argumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengujian prasyarat meliputi, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji-t), dan uji regresi. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil pre-test menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa dalam memahami teks argumentasi masih sangat rendah, baik di kelas eksperimen (rata-rata 26,68) maupun kelas kontrol (rata-rata 31,13). (2) Setelah penerapan strategi KWL, hasil post-test kelas eksperimen meningkat signifikan (rata-rata 82,61) dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional (rata-rata 64,90). (3) Hasil uji statistik menunjukkan adanya pengaruh signifikan strategi KWL terhadap kemampuan memahami teks argumentasi siswa dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan nilai R sebesar 0,845. Sementara itu, kontribusi strategi KWL terhadap peningkatan pemahaman siswa mencapai 71,5%. Temuan ini memperlihatkan bahwa strategi KWL efektif dalam meningkatkan kemampuan memahami teks argumentasi, serta menciptakan pembelajaran yang lebih aktif, kritis, dan responsif terhadap kebutuhan siswa.

References

Achriyati, S., Yuliana, R., & Nulhakim, L. (2022). Pengembangan Media Flip Chart terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1249. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8611.

Adiningrat, N., & Albina, M. Pentingnya Perencanaan Strategi Pembelajaran untuk Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. QOUBA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 141-153.

Amanda Livia, Yanuar Ferra, & Devianto Dodi. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 179–188.

Andra, V. (2019). Korelasi antara Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Jurnal Disastra, 1(1), 77–86. http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/disastra

Asipi, L. S. (2020). Penggunaan Strategi KWL (Know-Want-Learn) Terhadap Pembelajaran Membaca Teks Dekskriptif Pada Siswa Kelas X SMK AL-Washliyah Cirebon. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 150–162.

Astika, W. P., Marhaeni, N. I. A. A., & Parwata, A. L. I. G. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Kwl Dan Asesmen Diri Terhadap Kemandirian Belajar Dan Keterampilan Membaca Wacana Bahasa Bali Pada Siswa Kelas XI Mipa SMA Negeri 1 Singaraja (Vol. 9, Issue 1).

Belavista Seran, E., Ladyawati, E., & Susilohadi. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2).

Darni. (2015). Penggunaan Media Koran Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Memindai Di Sekolah Dasar. Jurnal Pena, 5(1), 32–56.

Elimarni. (2022). Pengaruh Penggunaan Strategi KWL (Know-Want To Know-Learned) Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 05 Petok Kab. Pasaman (Vol. 4).

Fani Muliawanti, S., Rizqia Amalia, A., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2605

Feranti, N., Charlina, C., & Permatasari, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Kelas XI SMA. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 731-743. https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/Basataka/article/view/529

Firdawati, Gusril, & Effendi Thahar, H. (2013). Hubungan Minat Baca Sastra dan Kemampuan Membaca Apresiatif dengan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 32 Padang. www.republika.co.id

Gustiawati, R., Fahrudin, & Syafei, M. M. (2014). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes (Pada Guru Penjasorkes SMP PGRI di Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang). In Jurnal Ilmiah Solusi (Vol. 1, Issue 3).

Haji, G. (2024). Exploring Thematic Progression of EFL Students’ Argumentative essays. EBONY: Journal of English Language Teaching, Linguistics, and Literature, 4(2), 1–17. https://doi.org/10.37304/ebony.v4i2.13676.

Muliani, R., Tusa’diah, R., Karana, S., & Faizah,H. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Anekdot Tulisan Arab Melayu Mahasiswa Kelas 2023 A Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Riau. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 179-189. https://journal.unimaramni.ac.id/index.php/sidu/article/view/1556.

Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Pham, P. T. (2024, December). The realization of thematic progression in argumentative essays by third-year English-majored students at a public university in Vietnam. In Proceedings of the AsiaCALL International Conference (Vol. 6, pp. 204-216).

Puspita, S. W., & Firmansyah, D. (2018). Analisis Teks Argumentasi Siswa Sekolah Menengah Dalam Pembelajaran Membaca Puisi. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(6), 919–928

Rahim, F., & Ed, M. (2019). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.

Rawung, I. Y. (2019). Strategi Pembelajaran Aktif Bagi Guru Sekolah Dasar di SD GKST II Poso Kota Utara Ingriyani Yohana Rawung. In Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (Vol. 1, Issue 1).

Razak, A. (2020). Membaca Pemahaman Teori Dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Riantika, R., Burhanudin, D., & Auzar, A. (2016). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Islam YLPI Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Siregar, Y. (2015). Kompetensi Guru Dalam Bidang Strategi Perencanaan Dan Pembelajaran Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 3(1). Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V3i1.114

Syamina, S., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). The Analysis Of Effect Size And The Effect Of Teaching Materials Based On Problem Based Learning (Pbl) On Students’competence. Jurnal tarbiyah, 28(1), 16-29.

Utami, A. D., Fadlilah, M., Aini, N. Q., & Syafutri, R. A. (2024). Struktur dan Ciri-Ciri Teks Argumentasi dalam Bahasa Indonesia: Analisism dan Contoh. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(3), 234-243.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Mukhlis, A. ., Septyanti, E. ., & Mustika, T. P. . (2025). PENGARUH STRATEGI KNOW WANT LEARNED TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 326–335. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.674

Issue

Section

Articles