PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI KELAS XI SMA

Authors

  • Nadila Feranti Universitas Riau
  • Charlina Charlina Universitas Riau
  • Silvia Permatasari Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.529

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Menulis, Teks Argumentasi

Abstract

Model pembelajaran problem based learning, dapat memberikan pengaruh yang tinggi bila diterapkan pada kegiatan pembelajaran. Kemudian pada penelitian ini, peneliti menggunakan uji paired sample t-test, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari model pembelajaran problem based learning. Pada pengujian hipotesis data yang digunakan adalah hasil pretest dan posttest siswa pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan bantuan SPSS versi 30 yang diperoleh bahwa nilai thitung sebesar -5,429 karena nilai signifikansi (sig) sebesar 0,001 maka dapat disimpulkan H0 ditolak H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kemampuan menulis teks argumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat pada perbandingan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang memperoleh rata-rata nilai 80 lebih tinggi dari kelas kontrol yang memperoleh rata-rata nilai 72 hasil yang berbeda yang disebabkan pemberian perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas.

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Menulis dalam Gamitan Pendidikan Karakter. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(1), 1–20.

Apit Dulyapit, Yayat Supriatna, & Fanny Sumirat. (2023). Application of the Problem Based Learning (PBL) Model to Improve Student Learning Outcomes in Class V at UPTD SD Negeri Tapos 5, Depok City. Journal of Insan Mulia Education, 1(1), 31–37.

Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 422–432.

Arifin, M. (2014). Instrumen Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Pengembangan. Implementation Science, 39(1), 1–21.

Asdar. (2017). Menulis 5 karangan. Yogyakarta: YLJK2 Indonesia.

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32.

Aulia, P., Arsih, F., Darussyamsu, R., & Anggriyani, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Mind Map terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI SMA pada Materi Sistem Reproduksi. Journal on Education, 06(01), 7891–7899.

Dassucik, D., & Yesi, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbentukan Teknologi Informasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ika: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 12(2), 23–34.

Dewi, R. (2021). Pengaruh Kemampuan Kerja, Motivasi dan Pengembangan Karier terhadap Kinerja Karyawan PT Bina Buana Semesta. Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 16(1), 19–25.

Esema, D., Susari, E., & Kuniawan, D. (2012). Problem-Based Learning. Satya Widya, 28(2), 167–173.

Fajar, D. R., Niku, I., & Hardianti, S. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan Sikap dan Perilaku Masyarakat terhadap Upaya Pencegahan Covid-19 di Desa Jenetallasa Kabupaten Gowa. Jurnal Farmasi Pelamonia, 01(1), 44–51.

Fajrilia, A., Handoyo, B., & Utomo, D. H. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(10), 1276–1280.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(5), 1–7.

Hasibuan, S. A., & Tarigan, F. N. (2022). Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Mahasiswa dengan Metode WH-Questions. Jurnal Ilmiah Korpus, 6(3), 278–284.

Hayati, R., Dewanto, J., & Mardiyah, Z. (2021). Peningkatan Kemampuan Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi Menggunakan Metode Saintifik (Di Kelas X SMK Negeri 9 Kabupaten Tangerang). Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains, 1(2), 25–29.

Helmiati, H. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressiondo.

Jannah, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Spin Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, 2(2), 116–131.

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Pakem terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109.

Laili, H. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL) dalam Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Ilmu Alam dan Sosial Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sumbersari. Skripsi.

Maryana, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Perpindahan Kalor Kelas V SD Negeri 35 Palembang. Scholastica Journal Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Dan Pendidikan Dasar, 2(1), 154–162.

Nazidah, F. (2023). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP YPM 3 Taman Sidoarjo. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 485-493.

Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1076–1085.

Pasaribu, O. L. (2020). Analisis Kemampuan Memahami Isi Paragraf Argumentasi pada Siswa Kelas VIII SMP Karya Bunda Medan. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(3), 95–100.

Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur dan Kompetensi terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor PT. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1), 38–47.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915.

Purnomo, A., Kanusta, M., Fitriyah, F., Guntur, M., Siregar, Rabiatul Adawiyah Ritonga, S., Nasution, S. I., Maulidah, S., & Listantia, N. (2022). Pengantar Model Pembelajaran. Lombok: Yayasan Hamjah Diha.

Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246–259.

Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 1–100.

Rahmatia, F., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2685–2692.

Rani, F. nisa, Napitupulu, E., & Hasratuddin, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di SMP Negeri 3 Stabat. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–7.

Sari, M. C., & Nababan, E. B. (2024). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 290-302.

Septika, H. D., Ilyas, M., & Prasetya, K. H. (2024). Development Of Teaching Modules Based On Local Wisdom In Learning Literature Writing For Students In Elementary School Teacher Education Program. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 89-94.

Sihombing, L. O. L., Simanulang, R., Siburian, P., & Ariga, H. P. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing Pada Kelas VIII SMP Swasta Cenderamata Medan. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 347-353.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Syamsidah, S., & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL). Yogyakarta: Deepublish.

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62.

Zaduqisti, E. (2010). Problem-Based Learning (Konsep Ideal Model Pembelajaran untuk Peningkatan Prestasi Belajar dan Motivasi Berprestasi). Jurnal Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam, 8(2), 181–191.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Feranti, N. ., Charlina, C., & Permatasari, S. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI KELAS XI SMA. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 731–743. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.529