RESPON SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA CLASSPOINT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI

Authors

  • Silvia Permatasari Universitas Riau
  • Anisa Putri Rahayu Universitas Riau
  • Rina Sartika Universitas Negeri Yogyakarta
  • Asri Lolita Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.686

Keywords:

Respon Siswa, ClassPoint, Teks Argumentasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media ClassPoint dalam pembelajaran menulis teks argumentasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya media interaktif yang mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada 30 siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Tambang. Instrumen angket disusun berdasarkan lima aspek, yaitu motivasi belajar, keterlibatan aktif, pemahaman materi, kenyamanan, dan efektivitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis ClassPoint. Aspek kenyamanan dan efektivitas media memperoleh skor tertinggi (masing-masing 82%), diikuti oleh pemahaman materi (80%), motivasi belajar (78,7%), dan keterlibatan aktif (76%). Temuan ini menunjukkan bahwa media interaktif seperti ClassPoint mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks argumentasi melalui peningkatan motivasi, kenyamanan, pemahaman, partisipasi siswa, dan efektivitas media.

References

Abdullah, R., & Nasution, M. I. P. (2024). Efektivitas Penggunaan PowerPoint Interaktif dalam Mendorong Kolaborasi dan Komunikasi Siswa pada Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Al-Qayyimah, 7(2), 19–32.

Aldi, Mapincara, A., & Mus, S. (2021). Persepsi Siswa tentang Penggunaan Media Pembelajaran Digital di SMP Negeri 1 Bantaeng. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran, 10(10).

Anggraeni, F., & Wachidah, K. (2024). Desain Media Pembelajaran Ensiklopedia Interaktif Bagi Penyandang Difabel. Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran (Jundikma), 03(01).

Fitriana, N. (2023). Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Melalui Media Persentasi Classpoint dan Game Edukasi (Quizizz & Kahoot) pada Pembelajaran Kimia. Action: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 3(1), 35–41. https://doi.org/10.51878/action.v3i1.1982

Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Hayati, N., Supardi, Laila, Sinta Nur, Prakasa, Yana Fajar, Hasibuan, Rahmat Putra Ahmad, & Asyhar, Achmad Dzulfikri Almufti. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital. In Mahesa (Vol. 1, Nomor 1).

Irama, D., Sutarto, & Risal, S. (2024). Implementasi Teori Belajar Sosial Menurut Albert Bandura dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Literasiologi, 12(4), 129–139.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. In Bintang Sutabaya.

Miftah, M., & Nur Rokhman. (2022). Kriteria Pemilihan dan Prinsip Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Sesuai Kebutuhan Peserta Didik. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 412–420. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.92

Monigir, N., & Wakari, T. I. (2024). Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa dengan Media Interaktif Wordwall. J-Ceki: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 7879–7887.

Muliani, D. E., Azmi, K., Alius, M., Sulvayenti, A., & Amelia, L. (2024). The Influence of Classpoint Media on the Learning Motivation of Physics Education Study Program Students. Kasuari: Physics Education Journal, 7(1), 13–22.

Rahma, D., Ihwani, N. N., & Hidayat, N. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Digital Sebagai Media Interaktif Pada Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 4(2), 12–21. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.13298

Rahmi, A., Faizah, H., & Charlina. (2025). Analisis Kebutuhan Siswa SMA terhadap E-Modul Interaktif Berbantuan Flipbook berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Menulis Teks Argumentasi. Jurnal Onama: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 11(1), 223–231.

Ramadhani, A. N., & Raharjo. (2024). Development of ClassPoint Integrated PowerPoint Spin Game Media to Improve Critical Thingking Skills on Excretory System Material in Senior High School. 13(2), 313–322.

Rizka, M., Permatasari, S., Arianto, J., Sari, F. A., Isjoni, M. Y. R., & Sahara, S. (2025). Case Study-Based Learning Media Innovation Integrated With Lumi Education to Improve Student Critical Thinking. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 9(2), 243–249.

Sri Rahayu, H., & Tatat Luswati, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(2), 132–137. https://doi.org/10.56916/bip.v1i2.702

Sundari, D. H., & Muhlis, I. (2021). Penerapan Media Presentasi Classpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 1–9.

Usman, K., Hasiru, R., Maruwae, A., Panigoro, M., & Torolawe, Y. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurnal PSadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, 3(2), 103–117.

Wahyuningsih, S. R., Saleh, J., Syakhruni, S., & Rahman, W. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan ClassPoint pada Mata Pelajaran Seni Budaya yang Sesuai dengan Pembelajaran Abad 21 di SMP Negeri 3 Polewali. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 873–880.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Permatasari, S. ., Rahayu, A. P. ., Sartika, R. ., & Lolita, A. . (2025). RESPON SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA CLASSPOINT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI. Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 445–451. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.686

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)