PENGARUH FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI MADANI
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.553Keywords:
Media Film Animasi, Menulis, Teks FabelAbstract
Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni (true eksperimen), dengan desain penelitian pre-test post-test control group design yaitu penelitian untuk memperoleh nilai awal siswa melalui pemberian pre-test, selanjutnya memberikan tes akhir (post-test) untuk menyimpulkan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada kelas eksperimen yang menggunakan media film animasi dan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional pada siswa kelas VII SMPN Madani Pekanbaru. Hasilnya menujukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata sebelum treatment dan sesudah treatment. Pre-test kelas eksperimen memiliki nilai minimum 60 dan maksimum 80, dengan rata-rata 72,00. Setelah menerapkan media film animasi dan dilakukan tes, diperoleh skor post-test kelas eksperimen yaitu nilai minimum 80 dan maksimum 93, dengan rata-rata 85,25. Kemudian, skor pre-test post-test ini dibandingkan dengan skor pre-test post-test kontrol. Dalam hal ini, untuk kelas kontrol menggunakan media konvensional. Pre-test kelas kontrol memiliki 80 dan maksimum 86. Dengan rata-rata 72,00. Setelah menerapkan media konvensional dan dilakukan tes, diperoleh skor post-test kelas kontrol yaitu nilai minimum 80 dan maksimum 93, dengan rata-rata 83,79.
References
Abbas, E. W. (2020). Menulis Kenangan Menulis Buku Bersama. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Al-Hafizh, M., & Yolanda, G. (2014). Teaching Writing a Descriptive Text by Using Toothpick Game to Junior High School Students. Journal English Language Teaching, 3(1), 52-57.
Al-Samarraie, H., & Hurmuzan, S. (2018). A Review of Brainstorming Techniques in Higher Education. Thinking Skills and Creativity, 27(2), 78-91.
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konteksual. Jakarta: Kencana.
Asrin, A. (2022). Metode Penelitian Eksperimen: Metode Penelitian Eksperimen. Maqasiduna: Journal of Education, Humanities, and Social Sciences, 2(1), 21-29.
Astriyani, A., & Fajriani, F. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Youtube Materi Phytagoras terhadap Keaktifan Belajar Matematika Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 87-90.
Bahri, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Cush Word. Jurnal Konfiks, 3(2), 93-102.
Budiana, I., Haryanto, T., Khakim, A., Nurhidayati, T., Marpaung, T. I., Sinaga, A. R., & Laili, R. N. (2022). Strategi Pembelajaran. Jawa Timur: Literasi Nusantara Abadi.
Budiharto, Triyono, & Suparman. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 153–166.
Cahyaningrum, F., Andayani, A., & Saddhono, K. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi Melalui Model Think Pair Share dan Media Audiovisual pada Siswa Kelas X-10 SMA Negeri Kebakkramat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 44-55.
Dahler, D. (2017). The Effect of Using Content-Purpose-Audience (CPA) Strategy Toward Students’ Writing of Analytical Exposition Text at the Eleventh Grade of SMA Nurul Falah Pekanbaru. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(1), 58-59.
Effendi, R., & Emzir. (2018). Sastra Banjar Pengaruh India-Hindu Syair Burung Simbangan (Struktur dan Nilai Budaya). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Felin, S., Yuliwati, Y., & Astuti, S. (2021). Using Kwl (Know-Want-Learn) Technique to Improve Students' Reading Comprehension. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 160-168).
Herlina, H., Kaswari, K., & Kresnadi, H. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Picture and Picture pada Siswa Kelas III di Sekolah Dasar Bawamai Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(4), 4-7.
Herlina. (2013). Teaching Writing Through KWL Technique at The Second Year of Man 1 Bandar Lampung. UNILA Journal of English Education, 8(2),1-2.
Herlinyanto. (2019). Membaca Pemahaman dengan Strategi KWL Pemahaman dan Minat Membaca. Yogyakarta: Depublish Publisher.
Ismilasari, Y. (2013). Penggunaan Media Diorama untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-10.
Ishak, I., Shaidin, A. A., Harun, D., Abdul Warif, N. M., Mariappan, V., Mat Ludin, A. F., Che Din, N. (2021). Does Quran Memorization Influence Adolescents’ Intelligence Quotient and Memory Level?: A Cross-Sectional Study in Malaysia. Makara Journal of Health Research, 25(3), 10.
Juariah, D., Arifin, E. Z., & Suendarti, M. (2021). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 110-120.
Khairunnisa, F., & Astri, N. D. (2021). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Teks Narasi Siswa Kelas Vii Smp Bhakti Bangsa Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 1-6.
Kristyanawati, M. D., Suwandi, S., & Rohmadi, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning. Schssolaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(2), 192-202.
Maelasari, N. (2020). Menulis Teks Eksposisi dalam Model Pembelajaran Mind Mapping. Metamormofosis / Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajaran nya, 13(1), 41-49.
Mahendra, Y. (2018). Manajemen Karakter Peserta Didik melalui Keterampilan Menulis Kritis. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 199-209.
Mulyadi, Y., & Andriyani, A. (2017). Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP-MTs Kelas VIII. Bandung: Alfabeta.
Muntiani., Rufi’i., & Karyono, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw dan KWL terhadap Kemampuan Membaca Teks Report Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Balongpanggang. Jurnal Education and Development, 7(3), 7-8.
Nazidah, F. (2023). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP YPM 3 Taman Sidoarjo. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 485-493.
Nurdyansyah, N., Rais, P., & Aini, Q. (2017). The Role of Education Technology in Mathematic of Third Grade Students in MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 37-46.
Oktaria, D., Andayani, N. F. N., & Saddhono, K. (2017). Penguasaan Kalimat Efektif sebagai Kunci Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi. Jurnal Metalingua, 15(2), 165-177.
Pakpahan, A. F., Prasetio, A., Negara, E. S., Gurning, K., Situmorang, R. F. R., Tasnim, T., & Rantung, G. A. J. (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Permatasari, I. A. (2020) Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rahmawati, U., Kusuma, E., & Cahyono, E. (2012). Pembelajaran Buffer Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan. Chemistry in Education, 1(2), 141-142.
Rohmawati, E. A., & Wahyono, H. (2020). Strategi Kata Utama dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi di SMA N 3 Magelang. Indonesian Journal Of Education and Learning, 3(2), 360-366.
Saddhono, K., & Slamet, Y. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Salma, A., & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 122–127.
Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida', 40 (2), 110-117.
Septika, H. D., Ilyas, M., & Prasetya, K. H. (2024). Development Of Teaching Modules Based On Local Wisdom In Learning Literature Writing For Students In Elementary School Teacher Education Program. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 89-94.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.
Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.
Teapon, W., Wahab, J., & Abdullah, T. (2020). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi dengan Menggunakan Model the Power of Two Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Ternate. Cakrawala Bahasa, 9(1), 19-23.
Yusup, A., & Nurjamin, A. (2018). Kemampuan Siswa SMA Kelas XI se-Kabupaten Garut dalam Menulis Karangan Ditinjau dari Aspek Penggunaan EYD. Lingua Sastra, 1(1), 46-55.
Zubaidah, Z., Nopita, D., & Elfiza, R. (2021). The Effect of KWL Strategy on Student’s Writing Skill at SMAN 5 Tanjungpinang. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 315-320.
Zulkarnaini, Z. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa PGSD Semester I melalui Drill Method. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 1(2), 3-4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hendri Ramadhan, Silvia Permatasari, Zulhafizh Zulhafizh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.