PENGARUH MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR BERBANTUAN LIRIK LAGU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP TEKNOLOGI PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.595Keywords:
Puisi, Kartu Kata Bergambar, Lirik LaguAbstract
Kemampuan menulis merupakan daya kreatif yang dihasilkan seseorang untuk menyampaikan pikiran dan perasaannya dalam berbagai aspek seperti, budaya, pendidikan, kesenian dan sebagainya serta dapat memperluas pengetahuan. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design bagian one group pretest-posttest design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu kata bergambar berbantuan lirik lagu terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Teknologi Pekanbaru. Sampel penelitian ini sebanyak 23 siswa yang diperoleh dari simple random sampling dengan cara diundi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis puisi siswa setelah diberikan perlakuan media kartu kata bergambar berbantuan lirik lagu. Nilai rata-rata kemampuan menulis puisi siswa sebelum perlakuan adalah 52,39, sedangkan setelah perlakuan adalah 66,34. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media kartu kata bergambar berbantuan lirik lagu berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Teknologi Pekanbaru.
References
Laksono, K. (2022). Media Sosial “Tiktok” Sebagai Puisi Kreatif Berbasis Literasi Digital. Jurnal Pena Indonesia, 8(1), 10–23.
Mahendrawani, A. (2019). Meningkatkan kemampuan berbahasa melalui permainan kartu kata bergambar pada kelompok a tk dharma wanita loyok. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1, 88–109.
Passos, A. D. . S. ., Robot, M., & Margareta, K. M. (2023). Analisis Unsur Instrinsik Dan Ekstrinsik Puisi “ Oh ! Liberdade ! ” Karya Xanana Gusmao. 4(2), 18–22.
Putri, N. A., Asrin, & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantu Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 135–139. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1682
Ramadhan, H., Permatasari, S., & Zulhafizh, Z. (2024). Pengaruh Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri Madani. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 805-816.
Septianti, V., Saleh, Y. T., & Pratiwi, A. S. (2024). Pengaruh Media Kartu Gambar terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Sirnagalih. MARDIBASA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia DOI:, 4(2), 65–74. https://doi.org/10.21274/jpbsi.2024.4.2.65-74
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulistio, A., Kusumawati, N., & Ulfah, C. L. (2022). Inovasi Pembelajaran Dan Tumbuhnya Kemandirian Belajar. In Inovasi Pembelajaran Dan Tumbuhnya Kemandirian Belajar (pp. 1–126). Eureka Media Aksara.
Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Konsepsi, 9(2), 72–81.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aisyah Afriliany, Hasnah Faizah, Silvia Permatasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.