VALIDITAS PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS ANDROID PADA MATERI TEKS BERITA SISWA KELAS XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.575Keywords:
Multimedia Interaktif, Articulate Storyline 3, Android, Teks BeritaAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan validitas multimedia interaktif articulate storyline 3 berbasis android pada materi teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 15 Pekanbaru. Jenis penelitian ini yaitu Researchh and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE sebagai prosedur pengembangan yang merupakan singkatan dari analysis, design, development, implementation and evaluations. Pada penelitian ini hanya membahas tahap validasi yang termasuk pada tahapan development (perancangan). Validasi yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari 4 validator yakni validator ahli bahasa, validator ahli media, validator ahli materi dan validator ahli soal. Adapun instrumen pengumpuan data menggunakan angket uji validitas dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif articulate storyline 3 berbasis android berkategori sangat valid dengan rata-rata skor persentase penilaain keseluruhan para ahli yaitu 98,11%.
References
Anggraeni, D., Supratman, S., & Prabawati, M. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3 untuk Mengeksplor Kemampuan Literasi Matematis. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 180–190.
Asyhari, A., & Ferdiana, Q. (2022). Pengaruh Multimedia Articulate Storyline 3 terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X di MAN 1 Kudus. Journal of Educational Integration and Development Volume, 2(1), 1–14.
Aulia, A., & Masniladevi, M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SD Annisa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 602–607.
Erfayliana, Y., Kusumawati, O., & Juniarta, T. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas IV SD/MI. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 107–118.
Hutabri, E. (2022). Validitas Media Pembelajaran Multimedia pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Snistek, 296–301.
Manurung, P. (2020). Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12.
Rukimin, R., & Koderi, K. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 021, 102–114.
Saadah, A. L. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Krian. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Septiani, D. N., Wulandari, A., & Firmadani, F. (2021). Pengembangan Infografis Berbasis Instagram sebagai Media Pembelajaran Teks Berita untuk Siswa Kelas VIII SMP. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 82–93.
Suryandaru, N. A. (2020). Penerapan Multimedia dalam Pembelajaran yang Efektif. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 03(02), 88–91.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Novi Damaiyanti, Silvia Permatasari, Zulhafizh Zulhafizh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.