RESPON PENONTON TERHADAP KUMPULAN LAGU LESTI KEJORA KARYA ADIBAL SAHRUL
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.554Keywords:
Respon, Penonton, Lagu, Lesti KejoraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan jenis respon penonton yang dibagi menjadi empat mode penerimaan, yaitu transparent (teks sebagai kehidupan), referential (teks seperti kehidupan), mediated (teks sebagai produksi), discursive (teks sebagai pesan) yang terdapat dalam komentar dari keenam lagu Lesti Kejora Karya Adibal Sahrul di platform YouTube. Berdasarkan hasil analisis, terdapat aspek-aspek yang mempengaruhi komentar dalam video musik kumpulan lagu Lesti Kejora karya Adibal Sahrul. Aspek-aspek tersebut diantaranya kualitas vokal, pengaruh lirik dan komposisi lagu, faktor emosional dan keterhubungan, pengaruh media sosial dan media massa, dan dampak terhadap industri musik dangdut. Dari berbagai pandangan tersebut akhirnya membuat respon penonton menjadi beragam. Sebanyak 56 yang diperoleh peneliti yang menggambarkan keempat jenis respon tersebut. Sebanyak 14 data merupakan transparent (teks sebagai kehidupan), 17 data merupakan referential (teks seperti kehidupan), 14 data merupakan data mediated (teks sebagai produksi) dan 11 data merupakan discursive (teks sebagai pesan). Dari keempat jenis respon tersebut, respon yang paling dominan yang didapat oleh peneliti dalam komentar masyarakat di platform YouTube adalah mode penerimaan referential (teks seperti kehidupan) yaitu penonton menghubungkan teks dengan pembaca atau penonton berdasarkan pengalaman hidup mereka. Kemudian respon yang paling sedikit ditemukan adalah discursive (teks sebagai pesan).
References
Agustin, E. N., Fitra, Y., & Wulandari, S. (2022). Tanggapan Pembaca terhadap Novel ’00.00’ Karya Ameylia Falensia. Jurnal Kalista, 1(1), 84–96.
Andaryani, E. T. (2011). Persepsi Masyarakat terhadap Pertunjukan Musik Dangdut Organ Tunggal. Harmonia: Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 11(2), 163–172.
Aritonang, D. R. (2018). Analisis Pendekatan Resepsi Sastra Terhadap Novel “Chairul Tanjung Si Anak Singkong". LINGUISTIK: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(1), 62–73.
Dirman, R. (2022). Analisis Struktur Puisi dalam Kumpulan Puisi “Aku Ini Binatang Jalang” Karya Chairil Anwar. JOEL: Journal of Education and Language Research, 1(11), 1635–1646.
Endraswara, S. (2018). Antropologi Sastra Lisan: Perspektif, Teori, dan Praktik Pengkajian. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Fitriyadi, I., & Alam, G. (2020). Globalisasi Budaya Populer Indonesia (Musik Dangdut) di Kawasan Asia Tenggara. Padjadjaran Journal of International Relations, 1(3), 251–269.
Girsang, M., & Milisi Sembiring. (2023). Representasi Ideologi dalam Lirik Lagu Batak Toba (Aysha Aulia Amril (ed.)). Penerbit Mitra Cendekia Media.
Juidah, I., Andayani, Suwandi, S., & Rohmadi, M. (2023). Apresiasi Prosa Fiksi: Teori dan Penerapannya (R. Anggarista (ed.); Pertama). Selat Media Patners.
Kadir, H. (2010). Analisis Struktur Puisi “Kita Adalah Pemilik Syah Republik Ini “Karya Taufik Ismail. Inovasi, 7(2), 33–51.
Karlina. (2022). Inspirasi Menulis Puisi di Alam Bebas (M. Hidayat, Miskadi, & Yogi Setiawan (eds.)). Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Koesasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia (P. R. Y. & Nurhasanah (eds.); Pertama). Nobel Edumedia.
Lida, U. M. (2019). Strukturalisme dalam Lirik Lagu “Not Like the Movie” Katty Pery. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 28–32.
Luaylik, F., & Khusyairi, J. A. (2012). Perkembangan Musik Dangdut Indonesia 1960-an -1990an. Verleden, 1(1), 26–39.
Marpaung, N., Madina, M., & Sipahutar, A. F. Y. (2022). Figurative Language Used In The Greatest Showman Soundtrack Lyrics. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 430-438.
Masrukhin. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Media Ilmu Press.
Michelle, C. (2007). Modes of Reception: A Consolidated Analytical Framework. The Communication Review, 10(03), 181–222.
Nina, Fakhrunnias, R., Akbar, A. J. S., & Nurjaman, I. (2022). Nilai Moral pada Lirik Lagu Runtah Doel Sumbang Pendekatan Struktural-Semantik. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), 1261–1268.
Nisa, H., & Firmansyah, D. (2023). Analisis Afiksasi Pada Lagu Tepat Sampai Tujuan Karya Endah N Rhesa (2023). Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 290-295.
Nugraha, O. A. (2022). Bentuk Dan Makna Kritik Sosial Lirik Lagu Pada Album Sarjana Muda Karya Iwan Fals. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 333-339.
Ratnasari, I., Retnowaty, R., & Prasetya, K. H. (2019). Pergeseran Makna Asosiatif Pada Lirik Lagu Iwan Fals Di Album Musikal Satu Tahun 2015. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 67-76.
Santosa, P. (2017). Resepsi Sastra Kisah Gandari dalam Puisi Indonesia Modern. Aksara, 29(1), 1–18.
Santoso, A. F. N., & Rengganis, R. (2022). Respon Pendengar dalam Lirik Lagu Album Menari dengan Bayangan Karya Hindia: Kajian Reader Response Iser. Jurnal Sapala, 9(1), 37–52.
Sari, E., Hanum, I. S., & Sari, N. A. (2022). Respons Pembaca Anak Usia Tahap Operasional Konkret terhadap Cerita Pendek Badut Terlucu Karya Sarah Nafisah: Kajian Resepsi Sastra. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 6(3), 780–788.
Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 13-24.
Setiaji, D. (2017). Tinjauan Karakteristik Dangdut Koplo sebagai Perkembangan Genre Musik Dangdut. Handep, 1(1), 19–34.
Tambunan, D. A. (2021). Analisis Resepsi Sastra Film Ajari Aku Islam. JIMEDU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–15.
Tamrin, A. F., & Basri. (2020). Respon Pembaca Wanita terhadap Novel di Situs Wattpad. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 8–16.
Utari, N., Mustafa, M. N., & Syafrial. (2019). Respon Pembaca terhadap Kumpulan Cerpen Sepeda dari Presiden Karya Yulismar. Jurnal Online Mahasiswa, 6(1), 1–14.
Wicaksono, A. (2018). Tentang Sastra (Orkestrasi Teori dan Pembelajarannya) (A. Wicaksono, Emzir, & Syaifur Rohman (eds.)). Garudhawacana.
Widya, S. P., Syafrial, & Elmustian. (2022). Respon Penonton terhadap Drama Serial My Lecturer My Husband Karya Gitlicious. Jurnal Tuah Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, 4(2), 82–92.
Yuliana, Malik, A., & Pujiastuti, I. (2020). Resepsi Sastra terhadap Film Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer. Jurnal (SOJ) UMRAH - Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 235–241.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ismi Syafika, Mangatur Sinaga, Silvia Permatasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.