PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA

Authors

  • Ninong Putri Universitas Riau
  • M. Nur Mustafa Universitas Riau
  • Zulhafizh Zulhafizh Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.738

Keywords:

Pengaruh, Model Picture and Picture, Teks Deskripsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan kemampuan menulis teks deskripsi siswa yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dengan yang menggunakan model konvesional. Metode yang penulis gunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang penulis gunakan adalah between group design (desain antar kelompok), jenis true eksperimen (eksperimen murni) yaitu desain prettest-posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTS YLPI Lubuk Bendahara. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Picture and Picture dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Teknik analisis data menggunakan uji t dua sampel (Independent Sample t-test). Hasil perhitungan uji Anova yaitu Fhit 106,335 > 4,28. Hasil pengujian tersebut menolak H0, dimana Fhit > Ftab. Pengaruh model Picture and Picture terhadap kemampuan menulis teks deskripsi sebesar 83,7% dan hubungan antara model pembelajaran Picture and Picture dengan kemampuan menulis teks deskripsi sebesar 0,992, artinya pengaruh model ini positif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa. Dimana setiap 1% nilai hasil menulis teks deskripsi setelah implementasi model pembelajaran Picture and Picture bertambah sebesar 0,992.

References

Bahri, Alim. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Cush Word. Jurnal Konfiks, 3(2), 93–102.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.

Daswati. 2020. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Metode Picture and Picture. Journal of Education, 4(2), 197–210.

Handayani. 2020. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hidayat, Ryan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Nurul Azman Gunung Putri Bogor. Deiksis, 9(03), 385-391

Jumadi. 2017. Model-model Pembelajaran Kelompok Sistem Perilaku. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Octavia, Silvy. A. 2020. Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Payadnya, I. Putu, and I. Trisna Jayantika. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Budi Utama.

Saddhono, Kundaru., & Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Putri, N. ., Mustafa, M. N. ., & Zulhafizh, Z. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 999–1005. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.738