PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS CERPEN SISWA KELAS IX SMP KARTIKA 1-5 PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.698Keywords:
Role Playing, Teks Cerpen, Hasil Belajar, Pembelajaran Aktif, Model PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap kemampuan belajar siswa dalam pembelajaran teks cerpen di kelas IX SMP Kartika 1-5 Pekanbaru. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran teks cerpen yang disebabkan oleh kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran serta penggunaan metode konvensional yang bersifat satu arah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pre-test dan post-test control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model role playing dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, masing-masing berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan belajar siswa di kelas eksperimen, yaitu dari nilai rata-rata pre-test 68,16 menjadi 89,92 pada post-test. Sementara itu, kelas kontrol juga mengalami peningkatan, namun lebih rendah, yaitu dari 79,2 menjadi 86,56. Uji statistik melalui uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,03 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 2,14 > t tabel 1,67, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari model role playing terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, hasil uji regresi menunjukkan bahwa model ini memberikan pengaruh positif sebesar 8,7% terhadap kemampuan belajar siswa, dengan koefisien regresi 3,360. Artinya, setiap peningkatan 1% dalam penerapan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 3,360%. Dengan demikian, model pembelajaran role playing terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap struktur, unsur, dan nilai dalam teks cerpen serta mampu mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Model ini layak dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang inovatif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMP.
References
Apriliya, Y., & Husna, T. (2022). Pengaruh Metode Role Playing terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Kelas X SMK Negeri 2 Medan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(2), 43–53. https://doi.org/10.57251/sin.v2i2.460
Fitrianingrum, E., Suryadi, T., & Lestari, Y. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Nilai-Nilai dalam Teks Cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7, 91–98. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/KAN/index
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ihsananda, V. (2017). Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 3 Astomulyo. 1–242.
Na’imah, R. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di MI Miftahul Ulum Bojong. 5–24.
Pratiwi, I. (2021). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 526 Buntu Kamiri Kabupaten Luwu. http://eprints.unm.ac.id/19278/
Ramadhan, H., Permatasari, S., & Zulhafizh, Z. (2024). Pengaruh Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri Madani. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 805-816.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumitra, S., Ginting, S. D. B., & Silaen, U. (2019). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X Smk Swasta Sultan Iskandar Muda Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 23-27.
Uno, H. B. (2007). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitri Auliya Rahmi, Mangatur Sinaga, Zulhafizh Zulhafizh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.