PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yuliyanti Dwi Astuti STKIP Bina Insan Mandiri
  • Rizka Nur Oktaviani STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.577

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Strategi Menulis Terbimbing, Keterampilan Menulis Narasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi menulis terbimbing pada siswa kelas VI-C SDN Babatan I/456 Surabaya tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan  sebab keterampilan menulis karangan narasi siswa masih kurang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Siswa kelas VI-C yang berjumlah 22 siswa merupakan subjek penelitiannya. Teknik pengumpulan datanya ialah tes menulis karangan dan lembar observasi. Teknik analisis data memakai analisis deskriptif kuantitatif data hasil menulis karangan narasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa mengalami peningkatan melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang memakai strategi menulis terbimbing. Hasil observasi pun menunjukkan bahwa antusiasme dan minat siswa lebih tinggi selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Nilai rata-rata juga meningkat dari 63,63% pada pra-tindakan menjadi 80 % pada siklus II. Persentase siswa yang sudah memenuhi KKM pada keterampilan menulis narasi juga meningkat 18.% pada pra tindakan dan menjadi 86 % pada siklus II. Melalui hasil penelitian yang telah dipaparkan, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi menulis terbimbing dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas VI-C SDN Babatan I/456 Surabaya tahun ajaran 2024/2025.

References

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Implementation Of Kurikulum Merdeka In Elementary. 4(02), 67–75.

Candra, N. W., & Dewi, B. S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 02(November), 86–90.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Jurnal Basicedu. 6(2), 2846–2853.

Gunawan, P. (2017). Penerapan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (Samt) Untuk Meningakatan Keterampilan Menulis Teks Pengumuman Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Rambah Rokan Hulu. 1(November), 223–233.

Kusniarti, T. (2015). Pembelajaran Menulis Naskah Drama Dengan Strategi Menulis Terbimbing (SMT) Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Bersastra. April, 108–116.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru ? 1(2).

Maharani, D., Permata, T., Harahap, S. H., Negeri, U., Medan, K., Utara, P. S., & Maharani, D. (2024). Penerapan Keterampilan Bahasa Produktif : Bericara Dan Menulis. 2(1), 278–282.

Maryam, A. S. (2021). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.

Pajar, J., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Universitas, F., Volume, R., Cetak, I., & Online, I. (2018). Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengarang Deskripsi Siswa Kelas V SDN 38 Pekanbaru/. 2(November), 843–849.

Pitaloka, H., Islam, U., & Agung, S. (2022). Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka 1. November, 2020–2023.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4). Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3431

Setyawan, R. I., Sari, N. K., Veteran, U., Nusantara, B., Veteran, U., Nusantara, B., Veteran, U., & Nusantara, B. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk. 2, 81–93.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Suwija, I. N. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Daerah Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. 4(April), 119–135.

Tingkat, K., & Pendidikan, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Model VAK. 19(1), 55–60.

Zaenab, S., & Salimi, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Strategi Menulis Terbimbing Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri Sidorejo. 11(2), 141–147

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Astuti, Y. D. ., & Oktaviani, R. N. . (2025). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 189–197. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.577

Issue

Section

Articles