PENGGUNAAN BUKU PENUNJANG TEMATIK TERPADU BERBASIS KETERAMPILAN PROSES TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD

  • Rizka Nur Oktaviani STKIP Bina Insan Mandiri
  • Putri Kurnianingtyas STKIP Bina Insan Mandiri
Keywords: penggunaan buku penunjang tematik, tema indahnya kebersamaan, keterampilan membaca pemahaman.

Abstract

Keterampilan membaca adalah salah satu keterampilan yang sangat diperlukan seseorang karena dengan embaca seseornag akan mendapatkan informasi atau pengetahuan yang baru. Salah satu jenis keterampilan memabaca yang hraus dikuasai oleh siswa kelas IV SD adalah membaca intensif. Berdsarkan hasil observasi menunjukkan bahwa keterampilan membaca intensif masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya keterampilan membaca pemahaman adalah kurangnya refrensi buku penunjang/buku pendamping buku teks K13. Tujan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan buku penunjang tematik terpadu berbasis keterampilan proses tema indahnya kebersamanan dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Rancangan penelitian ini menggunaan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dan tes. Adapun dalam teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa hasil keterlaksanaan aktivitas guru selama pembelajaran baik siklus I dan sikluas ke II memeroleh hasil persentase sebesara 100%, sedangkan skor ketercapaian pelaksanaan peebelajaran pada siklus I memeroleh sebesar 72,45 dengan kriteria baik dan siklus pada siklus ke II memeroleh sebesar 91,65 dengan kriteria amat baik. Sementara itu, hasil keterampilan membaca pemahaman pada siklus I memeroleh persentase sebesar 71,25% dan siklus II memeroleh persentase sebesar 93,56%. Jadi dapat disimpulkan dengan menggunaak buku penunjang tematik terpadu tema indahmya kebersamaan dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Hidayatul Mubtadiin.  

References

Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung:Yrama Widya
Aqib Zainal, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung:Yrama Widya
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Nurhadi. (2005). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?: Suatu Teknik Memahami Literature yang Efisien. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nurhadi. 2005. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nurjamal, Daeng. dkk. (2011). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.
Muslich, Masnur. (2013). Pendidikan Karakter (Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Somadayo. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta : Pustaka Utama
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa
Published
2019-12-31
How to Cite
Oktaviani, R., & Kurnianingtyas, P. (2019, December 31). PENGGUNAAN BUKU PENUNJANG TEMATIK TERPADU BERBASIS KETERAMPILAN PROSES TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 16-22. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.70
Section
Articles