PEMANFAATAN BUKU TEKS MEMBUATKU SEMAKIN BERKARAKTER SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENULISAN TEKS PERCAKAPAN DI KELAS VI SDN PATEBON

Authors

  • Nuraini Saura Putri STKIP BINA INSAN MANDIRI
  • Rizka Nur Oktaviani STKIP BINA INSAN MANDIRI
  • Endah Wening Subekti STKIP BINA INSAN MANDIRI

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.69

Keywords:

pemanfaatan buku teks bahasa Indonesia, sumber belajar, keterampilan menulis

Abstract

Buku teks merupakan salaha satu panduan bagi siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Buku teks menjadi sangat penting karena dapat membantu siswa maupun guru dalam memahami materi. Pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar mencangkup semua aspek keterampilan bahasa, salah satunya keterampilan menulis. Ketrampilan menulis merupakan aspek penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia, karena melalui keterampilan bahasa ini guru dapat mengetahui seberapa faham siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Karena melalui kegiatan menulis teks percakapan ini siswa mampu menuangkan ide-ide dan majinasi melalui bahasa tulis. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa SDN Patebon sudah cukup baik. Namun keaktifan mereka untuk maju ke depan kelas masih kurang. Salah satu penyebabnya kurang fahamnya mereka terhadap materi yang disampaikan. Sehingga membuat mereka kurang ercaya diri dengan tulisan yang telah mereka buat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfaatan buku teks Membuatku Semakin Berkarakter sebagai sumber belajar dalam pembelajaran penulisan teks percakapan di kelas VI. Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif, penelitian kulitatif. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sangat terbantu dengan adanya buku teks Membuatku Semakin Berkarakter. Dikarenakan di dalam buku ini sudah ada contoh-contoh teks percakapan yang sangat membantu untuk memberikan pemahaman terhadap siswa. Buku teks Membuatku Semakin Berkarakter juga sangat membantu bagi siswa untuk memahami bentuk teks percakapan, karena ada beberapa bentuk contoh yang dapat memberikan mereka pemahaman secara jelas. Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran penulisan teks percakapan di SDN Patebon dengan menggunakan buku teks Membuatku Semakin Berkarekter sangat membantu berjalannya proses belajar mengajar.

References

Cahyani, dkk. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS.
Hadari, Nawawi dan Martini. 1994. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada Press
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Permendiknas. No 2 Tahun 2008. Peraturan Meteri Pendidikan Tentang Buku.
Riyanto, Agus (2011). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Jakarta: EGC
Sumardi Suryabrata. 2004. Metodologi Penelitian, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Putri, N. S., Oktaviani, R. N., & Subekti, E. W. (2019). PEMANFAATAN BUKU TEKS MEMBUATKU SEMAKIN BERKARAKTER SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENULISAN TEKS PERCAKAPAN DI KELAS VI SDN PATEBON. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 8–15. https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.69