GAYA BAHASA DALAM LIRIK LAGU MEMBATU CAPTAIN JACK : STILISTIKA
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.630Keywords:
Gaya Bahasa, Lirik Lagu, Stilistika, Membatu, Captain JackAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa dalam lagu “Membatu” karya Captain Jack yang dirilis pada tahun 2012. Lagu ini dipilih karena mengangkat tema kekuatan, ketegaran, dan ketidaktergoyahan dalam menghadapi penderitaan, serta memiliki gaya kebahasaan yang unik dan belum banyak diteliti. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan stilistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lirik lagu “Membatu” mengandung beragam majas seperti personifikasi, metafora, hiperbola, paralelisme, dan repetisi. Penggunaan gaya bahasa tersebut memperkuat makna emosional lagu, menciptakan kesan keteguhan, kekosongan batin, serta penolakan terhadap penderitaan. Frasa seperti “Aku akan tetap berdiri” dan “Kembali ku berdiri” menunjukkan keteguhan mental, sementara ungkapan “Aku tlah terlalu kelam untuk merasakan apapun” mencerminkan kondisi psikologis yang membeku akibat pengalaman pahit. Dengan demikian, gaya bahasa dalam lagu ini bukan hanya memperindah lirik, tetapi juga memperkuat pesan tentang kekuatan batin dalam menghadapi tekanan dan luka emosional. Temuan ini diharapkan memberikan kontribusi dalam kajian stilistika serta menjadi referensi untuk analisis lirik lagu dengan pendekatan serupa.
References
Ambary,(Safrudin et al., 2023) A.(1974). Intisari Sastra Indonesia. Bandung: Djatnika
Djafar, C. (2020). Kajian Diksi dan Gaya Bahasa Metafora dalam Puisi Ininawa Karya Lakon Sang Kelana Modies Palopo. Jurnal Andi Djemma: Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–7. http://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/andidjemma/article/view/445/341
Gutama, A. (2020). Analisis Pola Ritme dan Bentuk Lagu Anak. Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, 3(1), 23. https://doi.org/10.26740/vt.v3n1.p23-32
Jack, C. (2012). Profil Captain Jack. Blog Captain Jack Indonesia. https://captainjackband.blogspot.com/
Keraf, G. (2006). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Muflikhul, Kokoh. 2018. Majas dalam Kumpulan Lirik Barasuara (Analisis Stilistika). Surabaya. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Surabaya
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Nafinuddin, S. (2020). Majas (Majas Perbandingan, Majas Pertentangan, Majas Perulangan, Majas Pertautan). Researchgate.Net, 1–2. https://osf.io/a8rwt/download
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books.
Nugroho Bayu Aji, R. (2020). Lifestyle Mahasiswa Penggemar Musik Rock Di Malang Tahun 1980-1990 Imika Devita Putri Prasetyo. Journal Pendidikan Sejarah, 9(2).
Nurhuda, A. (2022). Pesan Moral Dalam Lirik Lagu Aku Bukan Jodohnya Karya Tri Suaka. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 17–23. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i2.1393
Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.
Suryadi, Wulandari, R. T., & Astuti, W. (2015). Pengembangan Metode Pengenalan Dan Pemahaman Nilai. 66–73.
Widi Fachrunnisa, & Najwa Rimarsya Azzahra. (2022). Analisis Makna Pada Lirik Lagu “Pelukku Untuk Pelikmu” Karya Fiersa Besari Dalam Album Pelukku Untuk Pelikmu. Ta’rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 3(3), 41–48. https://doi.org/10.59059/tarim.v3i3.22
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sigit Andrian Tri Pamungkas, Imas Juidah, Eli Herlina, Saroni Saroni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.