PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMAN 2 TAMBANG

Authors

  • Diah Hananda Lumbanraja Universitas Riau
  • Silvia Permatasari Universitas Riau
  • Tria Putri Mustika Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.678

Keywords:

Model Pembelajaran, Project Based Learning, Konvensional, Keterampilan Menulis, Teks Biografi

Abstract

Model pembelajaran Project Based Learning adalah pendekatan pembelajaran menggunakan proyek sebagai inti dari proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X di SMAN 2 Tambang. Permasalahan utama yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis teks biografi siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang mampu melibatkan siswa secara aktif dan bermakna. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan bentuk pretest-posttest control group. Data dikumpulkan melalui tes menulis sebelum dan sesudah perlakuan yang diberikan kepada dua kelompok siswa: kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL, dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa meningkat secara signifikan setelah diterapkannya model pembelajaran. Rata-rata nilai menulis pada kelas eksperimen meningkat dari 49,1 menjadi 86,3, sedangkan kelas kontrol meningkat dari 52,9 menjadi 81,2. Uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, model pembelajaran project based learning menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks biografi.

References

Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497–5511.

Annisa Intan Maharani, Istiharoh Istiharoh, & Pramasheila Arinda Putri. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187.

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32.

Bangun, J. T., Annisa, A., & Daulay, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 53-57.

Feranti, N., Charlina, C., & Permatasari, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Kelas XI SMA. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 731-743.

Khairunnisa, F., & Astri, N. D. (2021). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Bhakti Bangsa Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 1-6.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27.

Nopita Panjaitan, & Ati Rosmiati. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melalui Tokoh Idola Oleh Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Lawe Bulan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 109–121.

Rahmadhani, A., Annisa, A., & Daulay, I. (2019). Pengaruh Model Pair Check Terhadap Kemampuan Mengindentifikasi Unsur-unsur Teks Narasi (Cerita Fantasi) Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Budi Setia Sunggal Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 28-34.

Sagala, E., Haidir, H., & Silaen, U. (2019). Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menyimak Berita Siswa Kelas VIII SMP Swasta Budi Setia Sunggal. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 35-42.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Utami, S. elvira, Tiwana, E., Alfauzi, E., & Maharani, I. (2023). Analisis Kemampuan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMK Alwashliyah Pasar Senen Medan. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 1–11.

Wahyuni, F., Syambasril, & Muzammil, A. R. (2019). Kemampuan Menulis Teks Biografi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(11), 1–8.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Lumbanraja, D. H. ., Permatasari, S. ., & Mustika, T. P. . (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMAN 2 TAMBANG . Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 353–365. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.678

Issue

Section

Articles