PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INDEKS CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SMA N 1 SIBOLANGIT

Authors

  • Nanda Dwi Astri Universitas Prima Indonesia
  • Marissa Yolanda Universitas Prima Indonesia
  • Cecilya Lumbangaol Universitas Prima Indonesia
  • Desna Maria Br Bangun Universitas Prima Indonesia
  • Dina Mariana Tarigan Universitas Musamus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.184

Keywords:

Peningkatan, Indeks Card Match, Motivasi Belajar

Abstract

Hasil observasi awal, guru menerapkan metode ceramah maka dari itu banyak siswa/i yang kurang aktif dan kurang semangat saat menerima pelajaran yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan praktik pendidikan. Metode yang dipakai ialah metode belajaran aktif yaitu metode indeks card match (mencari pasangan). Metode ini sangat menyertakan siswa dan metode ini juga dituntut agar siswa/i lebih aktif dibandingkan gurunya.  Saat menggunakan metode indeks card match ini guru akan merasa proses belajar mengajar lebih efektif, jadi tujuan pembelajaran yang akan dicapai dapat terlaksana dengan tuntas, hingga mencapai KKM 6,5. Dengan memakai pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian ini ialah guru dan siswa/i kelas X IIS SMA N 1 Sibolangit. Penelitian dilakukan dari siklus I dengan nilai rata-rata kelas 65,8 dan kelulusan belajar siswa/i menggapai 65%, namun pada siklus kedua rata-rata kelas 77,5 dengan kelulusan belajar siswa menggapai 90% jika dilihat dari sebelum penelitian nilai rata-rata siswa/i 62,1 dengan nilai ketuntasan 52,5%. Agar siswa/i lebih aktif bekerjasama dan presentasi kelompok, guru memotivasi dan mendukung siswa dengan memberi nilai tambahan kepada siswa/i yang aktif bertanya.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Casmudi, C., & Prasetya, K. H. (2021). Kondisi Riel Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri Balikpapan (Tinjauan Implementasi Dan Problematika). Jurnal Basataka (JBT), 4 (2), 189-198.

Maman, A. (2016). Prestasi Belajar Geografi Ditinjau Dari Latar Belakang Keluarga Dan Motivasi Belajar. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/937.

Hariyanti, H. Penerapan Model Kooperatif Tipe TSTS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Atom, Ion, Dan Molekul Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 40 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI). https://jurnal.uns.ac.id/jsei/article/view/28044.

Oemar, Hamalik. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6(6), 10067-10078.

Susanto, A. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/848.

Syah, Dr. H. Lin Yan. (2019). Perilaku Organisasi Konsep dan Implementasi. Bogor: In Media.

Tobing, R. (2022). Pengenalan Metode Belajar Hybrid Dan Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Panti Melalui Kegiatan Belajar Menyenangkan. Abdikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi. https://journal.literasisains.id/index.php/abdikan/article/view/236.

Winarni, D. (2021). Implementasi Pendekatan Konstektual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Ugang Sayu Desa 3 Kecamatan Gunung Bintang Awai Kabupaten Barito Selatan. Jurnal Mitra Pendidikan. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/848.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Astri, N. D., Yolanda, M. ., Lumbangaol, C. ., Bangun, D. M. B. ., & Tarigan, D. M. . (2022). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INDEKS CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SMA N 1 SIBOLANGIT. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 231–238. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.184