PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI PADA KELAS X SMK

Authors

  • Febriani Elfrida Situmorang Universitas Prima Indonesia
  • Rusdiani Lumban Batu Universitas Prima Indonesia
  • Ila Yolanda Universitas Prima Indonesia
  • Amelia Simanungkalit Universitas Prima Indonesia
  • Khairun Nisa Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.196

Keywords:

Keterampilan Berbicara, Numbered Head Together, Teks Biografi

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah siswa SMK kesulitan mengekspresikan diri melalui kegiatan berbicara. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan cara menceritakan kembali isi teks biografi menggunakan metode Numbered Head Together di kelas X SMK. Subyek penelitian ini adalah 22 siswa kelas X TKJ-1 SMK PAB 5 KLAMBIR LIMA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.  Sebelum melakukan tindakan, peneliti melakukan tes pra tindakan. Rata-rata nilai tes pra tindakan siswa 62,5 dituntaskan oleh 4 siswa (18,2%), dan rata-rata nilai siswa pada siklus I adalah 70,3 dituntaskan oleh 6 siswa (27,2%). Kemudian rata-rata nilai siswa pada siklus II adalah 81,5, dan sebanyak 19 siswa (86,3%) tuntas. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa penggunaan metode Numbered Head Together dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam menceritakan kembali isi teks biografi siswa kelas X SMK.

References

Adnyana, P. P., & Runimeirati, R. (2021). Pembelajaran Number Head Together (NHT) pada keterampilan berbicara siswa. Indonesian Collaboration Journal of Community Services. Diakses pada 6 Desember 2022. http://icjcs.esc-id.org/index.php/home/article/view/35.

Casmudi, C., & Prasetya, K. H. (2021). Kondisi Riel Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri Balikpapan (Tinjauan Implementasi Dan Problematika). Jurnal Basataka (JBT), 4 (2), 189-198.

Hamzah B. Uno, dkk (2011). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Hikmah, N., Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Model Complete Sentence Muatan Bahasa Indonesia Di SDN 027 Samarinda Ulu: Indonesia. Jurnal Basataka (JBT), 3 (1), 39-50.

Rahmi, R. Y. A. (2021). Penerapan Student Fasilitator And Explaining Terhadap Keterampilan Berbicara STKIP PGRI Sumatera Barat. Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan. Diakses pada 5 Desember 2022. http://jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/view/2749.

Sibarani, V. F., & Siburian, P. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Menggunakan Model Snowball Throwing pada Siswa Kelas VIII-B SMP Swasta Imelda Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2 (2), 45-49.

Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6 (6), 10067-10078.

Suwandi Sarwiji. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.

Wahono, dkk. (2013). Mahir Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Wiyanti, E. (2014). Peran Minat Membaca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Deiksis. Diakses pada 4 Desember 2022. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/519.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Situmorang, F. E. ., Batu, R. L. ., Yolanda, I. ., Simanungkalit, A. ., & Nisa, K. . (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI PADA KELAS X SMK. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 388–393. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.196