ANALISIS NILAI MORAL DALAM CERPEN HUJAN KOTA ARANG SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK PEMBELAJARAN KARAKTER DI MTS ALI IMRON MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.702Keywords:
Analisis, Nilai moral, Cerpen Hujan Kota ArangAbstract
Karya sastra merupakan ungkapan pribadi manusia yang berupa pengalaman, pemikiran, perasaan, ide, semangat, dan keyakinan yang kemudian ia tuangkan menjadi sebuah karya yang indah dan mengandung nilai moral. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui nilai-nilai moral tersebut dapat diterapkan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran karakter di MTs Ali Imron dan membentuk kepribadian dan perilaku melalui pengajaran nilai-nilai moral dan etika. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan analisis isi cerpen, studi pustaka dilakukan untuk mengumpulkan inormasi dari sumber yang relevan. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif analisis. Nilai moral dalam cerpen Hujan Kota Arang karya Muram Batu terdiri 3 kategori yang ditemukan yaitu, hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan dirinya sendiri, dan hubungan manusia dengan sesama, dengan adanya nilai moral tersebut saling terkait dengan konteks pembelajaran karakter.
References
Becker, H. (1963). Outsiders: Studies in the Sociology of Deviance. New York: Free Press.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE Publications.
Firwan, M. (2017). Filsafat Etika dan Moralitas Manusia. Jakarta: Prenada Media.
Goleman, D. (2017). Emotional Intelligence: Empathy as a Key Component of Social Skills. Jakarta: Gramedia.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2019). Cooperative Learning: Improving University Instruction by Basing Practice on Validated Theory. Journal on Excellence in College Teaching, 30(2), 85–94.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jakarta: Kemdikbud.
Lestar, T., & Prabowo, H. (2019). Membangun Karakter di Sekolah: Strategi dan Implementasi. Jakarta: Gramedia.
Mardiyah, N. (2017). Pendidikan Karakter melalui Sastra: Analisis Nilai Moral dalam Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
McDaniel, R. (2014). Literary Analysis and Critical Thinking in Education. New York: Academic Press.
Nugraha, H., dkk. (2017). Empati dalam Pembentukan Karakter Siswa: Perspektif Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
Nugraha, H., dkk. (2017). Psikologi Sosial: Pengaruh Empati dalam Kehidupan Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.
Nurcahyani, D., Maulida, N., & Prasetya, K. H. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Utama Guru Honorer Dalam Komik Pak Guru Inyong Berbasis Webtoon Karya Anggoro Ihank. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 35-40.
Nurgiyantoro, B. (2013). Sastra dan Pendidikan Karakter: Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra dan Pembelajaran Karakter: Kajian Teoretis dan Empiris. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurhadi. (2017). Nilai Moral dalam Sastra: Sebuah Kajian Teoretis. Bandung: Alfabeta.
Russana, A. (2020). Problematika Moralitas Remaja dan Solusi Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.
Saputri, A. (2020). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi dalam Dunia Pendidikan. Surabaya: Erlangga.
Saputri, R. (2020). Kepribadian dan Karakter: Pilar Utama Kehidupan Bermakna. Surabaya: Pustaka Cendekia.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46-53.
Sukardi. (2020). Metode Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Siswa . Jakarta: Pust
UNESCO. (2014). Character Education in Schools: Reducing Deviant Behaviors and Strengthening Moral Values. Paris: UNESCO Publishing.
Werner, E. E., & Smith, R. S. (1982). Vulnerable but Invincible: A Study of Resilient Children. New York: McGraw-Hill.
Yulianti, V., Agustina, L., & Asri, G. K. P. (2024). Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi Kelas V SDN Kuripan 1 Banjarmasin. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 637-645.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tri Angga Syahputra Lubis , Az-zahra Nursyah Nasution , Amelia Simanungkalit, Rahmad Rais , Khairun Nisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.