MENINGKATKAN APRESIASI DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP PUISI MELALUI MUSIKALISASI PUISI DI KELAS XI SMA NEGERI 2 KISARAN

Authors

  • Debora Grace Siahaan Universitas Asahan
  • Khairun Nisa Universitas Asahan
  • Julida Hasmi Panjaitan Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.345

Keywords:

Apresiasi, Musikalisasi Puisi, Pemahaman, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi peserta didik terhadap puisi melalui penggunaan musikalisasi puisi di kelas XI SMA N 2 Kisaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Data nilai pretest dan posttest telah diperoleh sebelumnya dan digunakan sebagai dasar evaluasi. Metode pengumpulan data meliputi observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest, dengan nilai t hitung sebesar 5.744 dan signifikansi 0.000. Musikalisasi puisi efektif meningkatkan pemahaman dan apresiasi siswa terhadap puisi. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya pendekatan kreatif dan interaktif dalam mengatasi tantangan pembelajaran sastra di sekolah menengah atas. Penelitian ini memberikan dasar untuk pengembangan pendekatan pembelajaran yang holistik dan berorientasi pada pengalaman, serta menyoroti hubungan antara seni musik dan sastra dalam pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini menjadi kontribusi yang berharga dalam memperkaya metode pengajaran di lingkungan pendidikan.

References

Asnafiah, E. (2021). Meningkatkan Motivasi Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris Menggunakan Media Gambar Pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Balikpapan. Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 85-92.

Aulia, T., Titin, T., & Wahyuni, E. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 229-241.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Erdiana, L. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Balikpapan. Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 183-188.

Irani, A., & Febriyana, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Outdoor Learning Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 147-153.

Mualimin, & Cahyadi, Rahmat, A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Pasuruan: Gading Pustaka.

Prasetya, K. H., Kumalasari, E., Maulida, N., & Ramadania, D. F. (2023). Analysis Of Errors In The Use Of Sentences In Anecdote Texts Via Comic Strip Media Class X Students Of TSE (Tourism Services Enterprise) SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 7(2), 824-831.

Prasetya, K. H., Utami, K. P., & Indriawati, P. (2024). Analysis Of Language Errors At The Morphological Level In Anecdote Text Writing Of Class X Students MP (Marketing Management) Of SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 63-68.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Putri, P. N. A., Puspitasari, T., & Permana, I. (2019). Analisis puisi heri isnaini perangkat dengan pendekatan semiotika. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(3), 365-370.

Simanjuntak, F. P., & Sitepu, T. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Resmi Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Vii-H SMP Negeri 3 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 221-229.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar bahasa indonesia siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Siahaan, D. G., Nisa, K., & Panjaitan, J. H. . (2024). MENINGKATKAN APRESIASI DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP PUISI MELALUI MUSIKALISASI PUISI DI KELAS XI SMA NEGERI 2 KISARAN. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 38–45. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.345

Issue

Section

Articles