PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA DI SMA MAWAR INDAH MEDAN

Authors

  • Anggi Munawarah Universitas Prima Indonesia
  • Meryam Missery Cordias Hulu Universitas Prima Indonesia
  • Amelia Simanungkalit Universitas Prima Indonesia
  • Khairun Nisa Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.700

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Menulis Puisi, Eksperimen

Abstract

Penelitian dilakukan sebagai tujuan untuk melihat dan mengukur bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dapat berkontribusi pada pengembangan kemampuan menulis puisi siswa di SMA Mawar Indah Medan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif sebagai pendekatan utama dengan desain eksperimen untuk menginvestigasi pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap keterampilan menulis puisi siswa menggunakan pre-test dan post-test dengan melibatkan sampel penelitian yang dipilih secara purposive sebanyak 20 siswa. Data dikumpulkan melalui bentuk tes tertulis guna mengukur kompetensi siswa mulai dari sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran berbasis proyek dalam menulis puisi. Analisis data menggunakan uji t berpasangan yang menggambarkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada skor kemampuan menulis puisi siswa, dengan nilai t sebesar 83,93 yang jauh melebihi nilai kritis pada tingkat signifikansi α = 0,05 (df=19). Hasil tersebut menjelaskan bahwa model pembelajaran berbasis proyek sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi, dimana secara statistik, peningkatan tersebut sangat bermakna. Penelitian ini memberikan kontribusi empiris bahwa pengajaran sastra yang inovatif dan aktif mampu meningkatkan literasi sastra dan kompetensi berkreasi siswa. Disarankan agar model pembelajaran berbasis proyek dapat diadopsi dan dikembangkan secara lebih luas dalam pembelajaran sastra di tingkat pendidikan menengah atas guna memperoleh hasil belajar yang lebih maksimal.

References

Approaches, Mixed Methods, ‘Social and Administrative Sciences’, 4.June (2017), pp. 3–5

Asbi, Aina Asrina, Program Studi, Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan, D A N Ilmu, and Universitas Muhammadiyah Makassar, ‘Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Bontonompo’, 2019

Asmanijar, W., & Sitepu, T. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 186-193.

Asumsi, U J I, ‘Maka Semua Variabel Bebas Tersebut Diasumsikan Bebas Linier (Linearly Independent) Atau Tidak Berkombinasi Linier. Apabila Variabel Bebas X 1, X 2, X 3, ...., X’, pp. 220–65

Avandri, Ahmad, Ayu Chusni Hanifah, Deliana Naila Maulida, Wahyu Dwi, and Prisillia Lugita Sari, ‘Penerapan Pembelajaran Project-Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Dalam Meningkatan Hasil Belajar’, 9 (2025), pp. 11535–42

Doktor, Program, Ilmu Pendidikan, Pascasarjana Universitas, Negeri Gorontalo, and A Pendahuluan, ‘Statistika Penelitian’, 2020

Fariq, Wan Muhammad, ‘Analisis Deskriptif Inovasi Strategi Dan Pembelajaran Dalam Kerangka Merdeka Belajar Metode’, 12.3 (2023), pp. 189–202

Handiani, Mezeza Putri, ‘Analisis Penerapan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia’, 4.1 (2025), pp. 33–36

Hijrah, N U R, ‘Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd Negeri No.22 Cakura Kabupaten Takalar’, 22, 2018

Ishtiaq, Muhammad, ‘Book Review Creswell , J . W . ( 2014 ). Research Design : Qualitative , Quantitative and Mixed Methods Approaches ( 4th Ed .). Thousand Oaks , CA : Sage’, 12.5 (2019), pp. 40–41, doi:10.5539/elt.v12n5p40

Lestari, L. T. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyusun Paragraf Narasi Menggunakan Media Rangkaian Gambar Seri Pada Siswa Kelas III Mi Almuhtadi I Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Jurnal Basataka (JBT), 3(1), 33-38.

Makassar, Universitas Muhammadiyah, ‘Pengaruh Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Menulis Puisi Siswa Kelas Viii Smp Unismuh Makassar’, 2024

Medica, Politeknik, Farma Husada, Jumari Ustiawaty, Politechnic Medica, Farma Husada, Helmina Andriani, and others, Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, 2020

Pendidikan, Kementerian, D A N Teknologi, Badan Standar, and D A N Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 2024

Penggunaan, Analisis, and Teknik Pre-test Dan, ‘Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04’, 3 (2021), pp. 150–65

Penyusun, Tim, ‘Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran’, 2022

Purba, Andiopenta, Eddy Pahar Harahap, and D Yusra, ‘Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek ( PjBL ) Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi 2021 / 2022’, 13.April (2023), pp. 109–20, doi:10.33087/dikdaya.v13i1.439

Qudrat, Muhammad, and Wisnu Aji, ‘Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan Http://Jurnal.Uns.Ac.Id/Teknodika’, 17.02, pp. 70–84

Sipebi, Aplikasi, Dalam Mata, and Kuliah Bahasa, ‘, Mahmudah Fitriyah’, 12 (2023), pp. 357–67

Sitanggang, O. M., Sianturi, M. M., Annisa, A., & Deliani, M. K. (2022). Peningkatan Mengubah Cerpen Menjadi Naskah Drama Dengan Metode Resitasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Pencawan Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 200-211.

Situmorang, F. E., Batu, R. L., Yolanda, I., Simanungkalit, A., & Nisa, K. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi Pada Kelas X SMK. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 388-393.

Situmorang, Rina Oktaviani, ‘Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreativ Matematis Siswa Kelas VIII’, 5.4 (2022), pp. 4335–41

Sukarelawa, Irma, N-Gain vs Stacking

Syahroni, Muhammad Irfan, ‘Prosedur Penelitian Kuantitatif’, 2.3 (2022), pp. 43–56

Tarigan, Saksi, and Sumatera Utara, ‘Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran’, 2 (2021), pp. 148–57, doi:10.5281/zenodo.4781878

Wajiran, S S, and Uwais Inspirasi Indonesia, No Title

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Munawarah, A., Hulu, M. M. C., Simanungkalit, A., & Nisa, K. (2025). PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA DI SMA MAWAR INDAH MEDAN. Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 276–284. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.700

Issue

Section

Articles