NILAI MORAL DAN SOSIAL NOVEL “SENJA DI LANGIT ASAHAN” KARYA AYE MAYE DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.238Keywords:
Sosiologi Sastra, Novel, Nilai Moral dan SosialAbstract
Senja di Langit Asahan merupakan novel karya Sari Ramayani yang mengisahkan nilai sosial serta karakter kehidupan yang dinarasikan secara terperinci. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai sosial serta karakter di novel senja di langit asahan yang dapat dikaji menggunakan kajian sosiologi sastra. Teknik pengumpulan data ini adalah content analysis yang membahas tentang isi informasi yang mengaitkan penelitian kualitatif secara holistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan aspek moral dan sosial. Aspek moral yang ditemukan ialah kepatuhan pada orang tua, berpendirian teguh, saling menolong, bekerja keras, pemberani, sabar. Aspek sosial terdapat 3 aspek yaitu interaksi sosial, aspek pendidikan, aspek pekerjaan.
References
Aye, Maye (2021). Senja di Langit Asahan. Cirebon. CV. Rin Media.
Damsar, MA. (2015) Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Prenadamedia Group.
Endraswara, Suwardi 2011. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.
Endraswara, Suwardi 2013. Teori Kritik Sastra. Yogyakarta: CAPS (Center Academic Publishing Service).
Indriawati, P., Prasetya, K. H., Sinambela, S. M., & Taufan, I. S. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2 (03), 521-527.
Indriawati, P., Prasetya, K. H., Susilo, G., Sari, I. Y., & Hayuni, S. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 3 Balikpapan. Jurnal Koulutus, 6 (1).
Indrawati, P., Prasetya, K. H., Ristivani, I., & Restiawanawati, N. M. (2022). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3 (3), 225-234.
Moleong, J, Lexy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurcahyani, D., Maulida, N., & Prasetya, K. H. (2018). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter tokoh utama guru honorer dalam komik pak guru inyong berbasis webtoon karya Anggoro Ihank. Jurnal Basataka (JBT), 1 (2), 35-40.
Prasetya, K. H., Subakti, H., & Musdolifah, A. (2022). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Peserta Didik terhadap Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (1), 1019-1027.
Rahmanto, B (1992). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Ratna, Nyoman Kunta. (2007). Estetika dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Roeslan, Abdulgani. (1998). Pancasila Parjalanan Sebuah Ideologi. LP3ES.
Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5 (1), 13-24.
Soekanto, Soejono. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pres.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6 (6), 10067-10078.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tri Ledis Pasaribu, Fransiska Evitasari Veronika Lumban Raja, Chavita Agustina Br. Ginting, Dani Sukma Agus Setiawan, Hety Diana Septika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.