ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 008 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2024

Authors

  • Tiffanisia Ping Universitas Mulawarman
  • Hety Diana Septika Universitas Mulawarman
  • Muhlis Muhlis Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.501

Keywords:

Analisis, Keterampilan, Menulis

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis peserta didik kelas IV SDN 008 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2024. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menulis pada peserta didik kelas IV SDN 008 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan peserta didik kelas 4 SDN 008 Samarinda Ilir yang berjumlah 25 siswa. Objek penelitian ini adalah analisis keterampilan menulis peserta didik kelas IV SDN 008 Samarinda Ilir. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis data kualitatif yang mencakup tiga tahap yakni reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis keterampilan menulis peserta didik kelas IV, dapat disimpulkan bahwa secara umum keterampilan menulis peserta didik berada pada tingkat yang masih kurang. Peserta didik belum mampu menyusun kalimat dengan struktur yang benar. Masih ditemukan beberapa kesalahan penggunaan Bahasa, penulisan, tanda baca, dan kosa kata. Kreativitas peserta didik dalam menyusun cerita atau deskripsi juga masih kurang dan membutuhkan bimbingan lebih lanjut dalam mengembangkan ide secara logis dan runtut.

References

Asfari, Ahmad Iklil, Yeni Nuraeni & Yenni. (2022). Analisis Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Gondrong 2 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(4): 1058- 1075.

Desrinelti, Neviyarni & Irda Murni. (2021). Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan dari Aspek Bahasa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 6(1): 106-108.

Nasihudin & Hariyadin. (2021). Pengembangan Keterampilan dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4): 733-743.

Nukman, Eva Y. & C. Erni Setyowary. (2021). Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia: Lihat Sekitar untuk SD Kelas IV. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Nukman, Eva Y. & C. Erni Setyowaty. (2021). Bahasa Indonesia: Lihat Seitarku untuk SD Kelas IV. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Prasetya, K. H., Kumalasari, E., Maulida, N., & Ramadania, D. F. (2023). Analysis Of Errors In The Use Of Sentences In Anecdote Texts Via Comic Strip Media Class X Students Of TSE (Tourism Services Enterprise) SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 7(2), 824-831.

Prasetya, K. H., Utami, K. P., & Indriawati, P. (2024). Analysis Of Language Errors At The Morphological Level In Anecdote Text Writing Of Class X Students MP (Marketing Management) Of SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 63-68.

Putri Widiya Sari, dkk. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Cerita Narasi Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN Bidara. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5): 6440-6444.

Qadaria, Laila, dkk. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Keterampilan Menulis Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Pendidikan Bintang Indonesia (JPBI), 1(3), 97-106.

Saragih, K., Damanik, A. L., Siahaan, P. R. A., & Hasibuan, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penerapan Strategi Raft (Role-Audience-Format-Topic) Pada Siswa Kelas VII SMP Nasrani 2 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 418-423.

Septika, H. D., Ilyas, M., & Prasetya, K. H. (2024). Development Of Teaching Modules Based On Local Wisdom In Learning Literature Writing For Students In Elementary School Teacher Education Program. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 89-94.

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 13-24.

Silitonga, A. M. B., Ginting, S. B., Siahaan, P. R. A., Hasibuan, A., & Barus, D. B. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Wattpad Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas X Smas Rk Deli Murni Diski. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 477-484.

Sihombing, L. O. L., Simanulang, R., Siburian, P., & Ariga, H. P. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing Pada Kelas VIII Smp Swasta Cenderamata Medan. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 347-353.

Suhartika, Dina & Dian Indihadi. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Teks Narasi peserta Didik di Kelas V Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2): 114-123.

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2): 72-81.

Sumanto. (2014). Psikologi Perkembangan: Fungsi dan Teori. Yoyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Winahei, Natalian Yuliastri, Siti Halidjah & Hery Kresnadi. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Narasi pada Siswa Kelas V di SDN 29 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan Pembelajaran, 11(9): 1637-1645.

Yuniarti, S., Indriawati, P., Khotimah, H., Prasetya, K. H., Deden, D., Susilo, G., & Maulida, N. (2024, August). Navigating the Digital Wave: Enhancing Literacy and Numeracy in Students around the New Capital City, Nusantara, through Computer-Based National Assessment Impact. In 5th Borobudur International Symposium on Humanities and Social Science 2023 (pp. 101-108). Atlantis Press.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Ping, . T. ., Septika, H. D. ., & Muhlis, M. (2024). ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 008 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2024. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 628–636. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.501

Most read articles by the same author(s)