WACIKAL SEBAGAI BAHAN AJAR INTERAKTIF SENI BUDAYA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dwi Utami Ningrum Universitas Mulawarman
  • Hety Diana Septika Universitas Mulawarman
  • Muhlis Muhlis Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.398

Keywords:

Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, E-Book Interaktif, Kearifan Lokal

Abstract

Adanya perkembangan kebudayaan di Indonesia yang terjadi dengan pesat, dibutuhkan adanya pemertahanan kelestarian suatu budaya. Dalam dunia pendidikan mata pelajaran seni budaya dapat menjadi salah satu mata pelajaran yang dapat melestarikan kebudayaan di Indonesia. Hal tersebut menjadi dasar dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar interaktif dengan berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan dan menganalisis kelayakan bahan ajar interaktif berbasis kearifan lokal Kalimantan Timur di sekolah dasar. Pengembangan bahan ajar interaktif ini menggunakan metode RnD yang menghasilkan sebuah produk bahan ajar berbentuk buku elektronik (e-book) dengan nama produk pengembangan WaCiKal (Wayang Citra Lokal). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: 1) analyze; 2) design; 3) development; 4) implementation dan 5) evaluation. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan angket.  Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa produk bahan ajar yang dapat digunakan oleh peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran Seni Budaya. Bahan ajar ini diuji kelayakannya dengan memperoleh kevalidan dan kepraktisan. Penilaian kevalidan oleh ahli media, materi dan bahasa diperoleh skor rata-rata 92,2% kategori sangat valid. Penilaian rata-rata kepraktisan respon pengguna diperoleh skor 89,3% kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji kelayakan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa wacikal sebagai bahan ajar interaktif seni Budaya sangat layak digunakan di Sekolah Dasar.

References

Amalia & Zuhdi. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif "Bekal Saya" Berbasis Android Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kenampakan Alam dan Keberagaman Sosial Budaya Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(8), 3103–3113.

Eka Widia & Khairun Nisa. (2023). Pengembangan Media Big Book Berbantuan Kartu Kata Dalam Pembelajaran Tematik Berorientasi Pada Kemampuan Membaca Siswa SDN 8 Mataram.

Farid. (2023). Pemanfaatan Konten Multibudaya Dalam Pembelajaran Seni Budaya Di Sekolah Dasar. The Elementary Journal, 1(1), 20–27. https://doi.org/10.56404/tej.v1i1.48

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. PT Bumi Aksara.

Magdalena dkk. (2021). Analisis Bahan Ajar Dalam Kegiatan Belajar Dan Mengajar Di Sdn Karawaci 20. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(3), 434–459. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Muallifah, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Muatan IPS Siswa Kelas V SDN 1 Wulung Blora. Under Graduate Thesis, 1–509. http://lib.unnes.ac.id/39211/1/1401416009.pdf%0Adiakses 25 April 2021

Ningtyas. (2022). Kajian Teori : Pengembangan Bahan Ajar Model Problem Based Learning Bernuansa STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. UNEJ e-Proceeding, 441–454.

Nurhayati, D., Hermanto, H., & Himawan, R. (2022). Pengembangan Modul Digital Materi Teks Fabel Di Kelas VII SMP: Studi Analisis Kebutuhan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 424-429.

Prasetya, K. H., Kumalasari, E., Maulida, N., & Ramadania, D. F. (2023). Analysis Of Errors In The Use Of Sentences In Anecdote Texts Via Comic Strip Media Class X Students Of TSE (Tourism Services Enterprise) SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 7(2), 824-831.

Prasetya, K. H., Utami, K. P., & Indriawati, P. (2024). Analysis Of Language Errors At The Morphological Level In Anecdote Text Writing Of Class X Students MP (Marketing Management) Of SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 63-68.

Putri, N. S., Oktaviani, R. N., & Subekti, E. W. (2019). Pemanfaatan Buku Teks Membuatku Semakin Berkarakter Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Penulisan Teks Percakapan di Kelas VI SDN Patebon. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 8-15.

Putri & Pastika. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya pada Peserta Didik Kelas IV SD Jambe Agung Batubulan. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 72–82. https://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/AW/index

Rayanto dan Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek (T. Rokhmawan (ed.)). Lembaga Academic & research Institute.

Santosa, V. N. (2020). Pengembangan Buku Ajar Penelitian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Penguatan Konseptual. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 66-72.

Wasngadiredja, Wibowo, & Yuliani, M. (2023). Pelestarian Seni Budaya Wayang Golek Sebagai Implementasi Sila Ke-2 Pancasila. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 471–481.

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Ningrum, D. U., Septika, H. D., & Muhlis, M. (2024). WACIKAL SEBAGAI BAHAN AJAR INTERAKTIF SENI BUDAYA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 52–62. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.398

Issue

Section

Articles