PENGEMBANGAN MABATERA (MEDIA PEMBELAJARAN BUKU ELEKTRONIK TEKS NARASI) PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.482Keywords:
Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, E-BookAbstract
Adanya perkembangan IPTEK di bidang pendidikan membuat Indonesia melakukan perkembangan kurikulum yang mengharuskan guru untuk membuat pembelajaran lebih kreatif dan inovatif. Kurangnya inovasi penggunaan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan kurangnya pemahaman siswa dalam memahami teks bacaan menjadi dasar penelitian pengembangan media pembelajaran e-book berbantuan book creator. Penelitian ini bertujuan menjelaskan proses pengembangan, menganalisis kelayakan dan mengetahui respons siswa terhadap e-book sebagai media pembelajaran pada materi teks narasi yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) yang menghasilkan produk berupa e-book dengan materi teks narasi kelas 3 sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan observasi. Hasil penelitian ini berupa e-book teks narasi yang dikembangkan menggunakan model ADDIE melalui 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Media ini diuji kelayakannya oleh ahli media, materi dan bahasa dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 94,6% dengan kategori sangat layak. Penilaian rata-rata melalui respons pengguna terhadap e-book sebagai media pembelajaran pada materi teks narasi memperoleh skor 56,2% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan respons pengguna maka dapat disimpulkan bahwa e-book teks narasi sebagai media pembelajaran sangat layak dan sangat baik digunakan di sekolah dasar.
References
Annisa, A., Simbolon, M. S., Pardede, O. B., Sari, S., & Setiawan, D. S. A. (2022). Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Menemukan Gagasan Utama Dalam Paragraf. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 71-78.
Candra, A., 1, M., & Susilowibowo, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Flipbook sebagai Pendukung Pembelajaran Administrasi Pajak dengan Kompetensi Dasar PPh Pasal 21. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2217–2231.
https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/784
Hafida, S. N., & Mukhlishina, I. (2023). Pengembangan Media Kartu Pantun Dalam Pembelajaran Menulis Pantun Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 127-132.
Hayati, D. K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 3(1), 82. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i1.4910
Huda, M. M., Nasution, Prasetyo, K., & Stiawan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Tema Awal Berdirinya Majapahit. Dialektika Pendidikan IPS, 2(2), 156–170.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/index
Indriawati, P., Prasetya, K. H., Susilo, G., Sari, I. Y., & Hayuni, S. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 3 Balikpapan. Jurnal Koulutus, 6(1).
Lestari, D. I., Amintarti, S., & Ajizah, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Pteridophyta Kelas X SMA Berbasis Hasil Penelitian di Kebun Wisata Durian Banjarbaru Dalam Bentuk Aplikasi Android. Jupeis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2, 2809–8005.
Madina, N. P., & Zulherman. (2023). Pengembangan E-Book Berbantuan Book Creator Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd. Research and Development Journal Of Education, 9(2), 779–787.
Ngaini, D. N., & Mukhlishina, I. (2023). Pengembangan Media E-Book Cerita Anak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1783–1790. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5574
Nurhayati, D., Hermanto, H., & Himawan, R. (2022). Pengembangan Modul Digital Materi Teks Fabel Di Kelas VII SMP: Studi Analisis Kebutuhan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 424-429.
Oppusunggu, H. B. M., & Hasibuan, M. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X-MPLB 4 SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 139-146.
Retno Palupi, D. A., Eka Putri, K., & Amirul Mukmin, B. (2022). Pengembangan E-book mengguna Kan Aplikasi Bookcreator Berbasis QR Code Pada Materi Ajar Siswa Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 78–90. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.123
Santosa, V. N. (2020). Pengembangan Buku Ajar Penelitian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Penguatan Konseptual. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 66-72.
Santoso, E., Utami, D., & Setiabudi, D. I. (2023). Telaah Kelayakan Isi Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas I Karya Muhammad Nurzakun dan Joko Santoso Tahun 2021. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1, 51–65.
Septika, H. D., Ilyas, M., & Prasetya, K. H. (2024). Development Of Teaching Modules Based On Local Wisdom In Learning Literature Writing For Students In Elementary School Teacher Education Program. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 89-94.
Subakti, H. (2019). Pengembangan Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Dengan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 11 Samarinda Tahun Pembelajaran 2018 2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 1-7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitri Nur Aini, Andi Asrafiani Arafah, Hety Diana Septika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.