PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KALISA (FLIPBOOK KEARIFAN LOKAL SAMARINDA) PADA TEKS DESKRIPSI KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.600Keywords:
Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, Flipbook, Kearifan Lokal, Teks DeskripsiAbstract
Adanya perubahan dalam pendidikan di Indonesia dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka menuntut pengembangan bahan ajar yang lebih relevan dengan lingkungan peserta didik. Namun, bahan ajar yang tersedia masih bersifat umum dan kurang mengenalkan kearifan lokal. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan dan menelaah kelayakan Kalisa (Flipbook Kearifan Lokal Samarinda) sebagai bahan ajar interaktif dalam pembelajaran teks deskripsi untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan bahan ajar ini dilakukan dengan metode Research and Development (RnD) menggunakan model ADDIE yang mencakup lima tahap, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, serta penyebaran angket. Produk dari penelitian pengembangan ini berupa bahan ajar yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik dan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kelayakan bahan ajar diuji melalui dua aspek, yaitu kevalidan dan kepraktisan. Hasil penilaian kevalidan oleh ahli media, materi, dan bahasa menunjukkan skor rata-rata sebesar 95,67%, sedangkan penilaian kepraktisan berdasarkan tanggapan pengguna memperoleh skor rata-rata 97,63%. Kedua hasil tersebut berada pada rentang nilai 81–100%, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Kalisa memiliki tingkat kelayakan yang tinggi untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran teks deskripsi di Sekolah Dasar.
References
Aini, F. N., Arafah, A. A., & Septika, H. D. (2024). Pengembangan Mabatera (Media Pembelajaran Buku Elektronik Teks Narasi) Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 525-533.
Aldeva Ilhami, M. P. N. D. P. P. M. P. (2023). TPACK dalam Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal (Teori & Praktik). CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=lHHCEAAAQBAJ
Biologi, M., Universitas, D. I., & Tunggadewi, T. (2017). Pengembangan buku ajar berbasis lingkungan hidup pada matakuliah biologi di universitas tribhuwana tunggadewi. 19–27.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Damayanti, A. D., Jannah, A. N., & Agustin, N. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Muhammadiyah 19 Sawangan. Prosiding Samasta, 29.
Dr. Amini, S. A. M. P., & Nurman Ginting, S. P. I. M. P. I. (2024). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Ptk, Dan R&D). umsu press. https://books.google.co.id/books?id=Erf4EAAAQBAJ
Febrianto, D. S., Irvan, M. F., Rosyada, H. A., Ratnasari, V. P., Sismulyasih, N., & Wijayama, B. (2023). Model Model Pembelajaran PPKN: Membangun Generasi Berkarakter. Cahya Ghani Recovery. https://books.google.co.id/books?id=2ObPEAAAQBAJ
Handayani, S. D., Irawan, A., Febriyanti, C., & Kencanawaty, G. (2022). Mewujudan Pelajar Pancasila Dengan Mengintegrasikan Kearifan Budaya Lokal Dalam Kurikulum Merdeka. Ilma Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 76–81. https://doi.org/10.58569/ilma.v1i1.457
Hartini, Y. S., Lefanska, A. B. P., Ursia, A. A., Prasetyo, D. A. B., Sugiharto, B., Pankrasius Surya Tonapa, [et al. ], Ekaputra, I. M. W., Bram, B., Sang Condro Nugroho, E. F. H. T. A. H. M., & Press, S. D. U. (2022). Prosiding Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi “Pengembangan, Penerapan Dan Pendidikan ‘Sains Dan Teknologi’ Pasca Pandemi.” Sanata Dharma University Press. https://books.google.co.id/books?id=qCSjEAAAQBAJ
Hety Diana Septika, K. H. P. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 13–24.
Juliandri, R. (2023). Peran Kepala Adat Dalam Melestarikan Nilai – Nilai Kearifan Lokal Dalam Tradisi Sorong Tanda Pada Masyarakat Suku Dayak Di Desa Asa. 11(3), 231–244.
Kurniawan, A., Yanti, H., & Abdurrahman, A. (2023). Menajemen Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Pembelajaran di SD Negeri 16 Meulaboh-Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1927–1935. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1424
Mubarak, M. D. (2022). Penerapan Problem Based Learning Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kebermaknaan Belajar Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2024, 30–33.
Musrifah, I. (2022). Pengembangan E-Book Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Jember Pada Peserta Didik Kelas IV di SDN Jember Lor 03. Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 69–70. http://ejournal.kemensos.go.id/index.php/Sosioinforma/article/download/136/450
Ningrum, D. U., Septika, H. D., (2024). Wacikal Sebagai Bahan Ajar Interaktif Seni Budaya Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka, 7(1), 52–62. https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/398%0Ahttps://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/Basataka/article/download/398/209
Pramudita, M. F., Septika, H. D., & Muhlis, M. (2024). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Nearpod Pada Materi Teks Eksposisi Kelas V SDN 007 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 576-584.
Rahayu dkk. (2019). Kecepatan Membaca Efektif Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019. 1(2), 106–113.
Septika, H. D., Ilyas, M., & Prasetya, K. H. (2024). Development Of Teaching Modules Based On Local Wisdom In Learning Literature Writing For Students In Elementary School Teacher Education Program. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 89-94.
Septiyaningsih, R., Reffy, P., Fadhilah, R., Sugiyarti, R., Muthi’a, F., & Wijayama, B. (2023). Media Pembelajaran Menunjang Kemampuan Belajar Peserta Didik SD. Cahya Ghani Recovery. https://books.google.co.id/books?id=FFfQEAAAQBAJ
Subakti, H., & Handayani, E. S. (2020). Pengembangan Menulis Cerita Pendek Kearifan Lokal Menggunakan Model Mind Mapping Siswa SD Kota Samarinda. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 171–184. https://doi.org/10.32672/si.v21i2.1941
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Nur Halisa, Hety Diana Septika, Muhlis Muhlis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.