ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.636Keywords:
Analisis, Ejaan, Bahasa Indonesia, Teks NegosiasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan ejaan dari segi penggunaan huruf kapital, kata depan, dan tanda baca dalam dalam teks negosiasi yang ditulis oleh siswa kelas X SMK N 2 Indramayu. Teks negosiasi dari kelas X SMK N 2 Indramayu yang mengandung kesalahan ejaan menjadi subjek penelitian ini, yang dilakukan dengan metodologi deskriptif kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik simak dan catat. Untuk memastikan bahwa data benar dan konsisten, ini membandingkan data dari berbagai sumber. Selain itu, untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menggunakan metode triangulasi dokumen. Data yang disajikan menggunakan model analisis interaktif. Termasuk dalam 397 kesalahan ejaan, penelitian tersebut menemukan 158 tanda baca, 13 kata depan, dan 224 huruf kapital. Ada 49 kesalahan dalam penggunaan tanda titik (.), 14 kesalahan dalam penggunaan tanda koma (.), dan 95 kesalahan dalam penggunaan tanda petik dua ("..."). Kesalahan dalam penggunaan huruf kapital sering kali terjadi karena siswa belum sepenuhnya memahami kaidah penulisann sesuai dengan ejaan yang berlaku. Kurangnya pemahaman membuat siswa kurang cermat saat menulis, sehingga terjadi kesalahan pada penulisan nama, sapaan, dan kata pertama dalam kalimat langsung.
References
Agustin, W. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Edutama, 1.
Ariana, A., Darmuki, A., & Setiyono, J. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Santika Jiken Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Edutama, 3, 1–13.
Asyifa, S., Sulistyowati, E. D., & Elyana, K. (2022). Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan Pada Teks Negosiasi Siswa Kelas X Analis SMK Kesehatan Samarinda. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 2(2), 45–49. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v2i2.955
Febriana, H. A., Supriadi, O., & Setiawan, H. (2023). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Praktik Kerja Industri Siswa SMK Texmaco Karawang. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 180–191. https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.4268
Ferdi, Suwardi Wibowo, I., Pahar Harahap, E., & Gati Ningsih, A. (2023). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tersedia secara online https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Dalam Penulisan Berita Mahasiswa Pbsi Yang Dimuat Dalam Website Fkip Genta Unja. 13, 361–370. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i4.73166
Kusumastuti, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo. https://lib.unnes.ac.id/40372/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf
Mala Nur Anisa, Sri Muryati, & Muhlis Fajar Wicaksana. (2023). Kesalahan Penggunaan Ejaan Dalam Teks Ceramah Siswa Kelas Xi Smk Tunas Bangsa Tawangsari. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 8(1), 9–16. https://doi.org/10.36709/bastra.v8i1.68
Oktavia, R., Suprihatin, D., & Rosalina, S. (2024). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia pada Hasil Resensi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Pamanukan. Journal of Education Research, 5(3), 3489–3495. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1427
Perangin-Angin, E., Simamora, K. W., Sirait, Y. E., Simanungkalit, M., & Ginting, S. D. B. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Bersubsidi Budi Sukamaju. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 456-471.
Prasetya, K. H., Kumalasari, E., Maulida, N., & Ramadania, D. F. (2023). Analysis Of Errors In The Use Of Sentences In Anecdote Texts Via Comic Strip Media Class X Students Of TSE (Tourism Services Enterprise) SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 7(2), 824-831.
Qhadafi, M. R. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4), 1–21.
Rohmadi, M. dan Nasucha Y. (2017). Dasar-Dasar Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Pustaka Berlian.
Setyawati, N. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma pustaka.
Shara Afriwanti. (2019). Analisis Kemampuan Menentukan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Negeri 161 Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahfrizal, dkk. (2025). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Pada Skripsi Mahasiswa FIK Universitas Negeri Medan. Jurnal Inovasi Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2, 26. https://jipipi.org/index.php/jipipi
Tarigan. (2021). Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia (Digital). Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Any Novitasari, Nana Triana Winata, Dadun Kohar, Satibi Satibi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.