PEMANFAATAN MEDIA MEDIUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 INDRAMAYU

Authors

  • Aisah Nurul Khotimah Universitas Wiralodra
  • Embang Logita Universitas Wiralodra
  • Imas Juidah Universitas Wiralodra
  • Rochman Rochman UPTD SMPN 1 Karangapel

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.671

Keywords:

Medium, Keterampilan Menulis, Cerita Pendek, Literasi Digital, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Keterampilan menulis cerita pendek merupakan bagian penting dari penguasaan literasi siswa. Namun, dalam praktiknya, pembelajaran menulis sering kurang diminati karena metode yang digunakan cenderung monoton dan tidak relevan dengan kebiasaan digital siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan platform Sedang sebagai media digital dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 2 Indramayu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan partisipan sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Medium mampu meningkatkan motivasi, minat, dan kemampuan siswa dalam menulis. Siswa menjadi lebih terstruktur dalam menyusun alur cerita, mengembangkan tokoh, latar, dan menyampaikan amanat secara efektif. Medium juga mendorong keberanian siswa untuk mempublikasikan karya mereka secara terbuka, serta melatih literasi digital. Dengan demikian, Medium terbukti menjadi alternatif media pembelajaran yang inovatif untuk mendukung pengembangan keterampilan menulis dan membangun budaya literasi di kalangan siswa.

References

Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika guru dalam menerapkan media pada pembelajaran kelas rendah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008-2014.

AwanApps. (2021). Mengenal aplikasi Medium platform menulis simpel anti iklan. Diakses dari https://www.awanapps.com/technologies/mengenal-aplikasi-medium-platform-menulis-simpel-anti-iklan/

Cahyaningrum, F., Andayani, & Saddhono, K. (2018). Peningkatan keterampilan menulis argumentasi melalui model Think Pair Share dan media audiovisual pada siswa kelas X-10 SMA Negeri Kebakkramat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 44-55.

Casmudi, C., & Prasetyo, K. H. (2023). Pemanfaatan Alat Komunikasi Pembelajaran Online Jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP/MTs) pada Era Pendemi Covid 19. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 558-564.

Endah, & Kosasih. (2012). Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah. Bandung: Grafindo Media.

Ginting. (2015). Menulis kreatif di sekolah menengah. Jakarta: Erlangga.

Helda, T. (2017). Menulis teks cerita pendek berbantuan media gambar berseri siswa kelas VII SMP Islam Khairu Ummah Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 216-238.

Moleong, L. J. (1989). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, V., Permana, I., & Permana, A. (2018). Pembelajaran menulis resensi novel Pertemuan Dua Hati dan Laskar Pelangi menggunakan teknik. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 55-61.

Pelangi, G. (2022). Penggunaan blog Medium sebagai media pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI IPA MAN 1 Jakarta tahun pelajaran 2021/2022 (Skripsi). Tidak diterbitkan.

Rahmawati, E. (2022). Efektgentingivitas penerapan media Articulate Storyline dalam pembelajaran keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 3 Malang. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 17(8), 1-17.

Saleh, M. S., dkk. (2023). Media pembelajaran. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Sibarani, R. H., Sherine, S., Simangunsong, Y., Telaumbanua, S., & Syahfitri, D. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Untuk Pengenalan Kosa Kata Makanan Khas Batak Toba Sebagai Media Pembelajaran BIPA. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 755-761.

Silitonga, A. M. B., Ginting, S. B., Siahaan, P. R. A., Hasibuan, A., & Barus, D. B. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Wattpad Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas X Smas Rk Deli Murni Diski. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 477-484.

Triyani, dkk. (2018). Penerapan metode discovery learning pada pembelajaran menulis teks anekdot. Jurnal Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(4), 713-720.

Wagiran. (2013). Metode penelitian pendidikan: Teori dan implementasi. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Khotimah, A. N., Embang Logita, Imas Juidah, & Rochman, R. (2025). PEMANFAATAN MEDIA MEDIUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 INDRAMAYU . Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 303–309. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.671

Issue

Section

Articles