NILAI RELIGIUS DALAM KISAH DATU PEMBERANI KARYA JAHDIAH

Authors

  • Novia Winda STKIP PGRI Banjarmasin
  • Noor Indah Wulandari STKIP PGRI Banjarmasin

Keywords:

Nilai, Religius, Sastra Lisan

Abstract

Kajian mengenai nilai relegius pada sastra anak tidak urgen, tetapi kajian ini mampu mendeskripsikan nilai relegius yang terkandung dalam sastra anak, seperti: nilai religius yang terlihat dari hubungan manusia dengan Tuhan, nilai religius yang terlihat dari hubungan manusia dengan diri sendiri, dan nilai religius yang terlihat dari hubungan manusia dengan sesama manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian hermeneutika Ricoeur dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Cerita Rakyat Kalimantan Selatan dengan judul “Kisah Datu Pemberani” karya Jahdiah yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  tahun 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian hermeneutika Ricoeur dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Kisah Datu Pemberani karya Jahdiah yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan   tahun 2016. Data penelitian berupa fakta tentang nilai religus yang terdapat dalam Kisah Datu Pemberani karya Jahdiah.  Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik analisis isi dan penafsiran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneliti ini adalah teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi.  Penelitian ini menemukan: a) Hubungan manusia dengan dengan Tuhan terbagi menjadi berdoa, taat, dan berserah diri, b ) Hubungan manusia dengan diri sendiri terbagi menjadi niat baik, berusaha, kasih sayang, tegas dan tulus, dan c) Hubungan manusia dengan sesama manusia terbagi menjadi harapan, patuh, penolong, pemberani, memaafkan kesalahan orang lain, gotong -royong, siaga, waspada, dan adil.

References

Ali, M. D. (2013). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Atmosuwito, S. (2010). Perihal Sastra dan Religiusitas dalam Sastra, Yogyakarta: Sinar Baru Algesindo.

Bulan, D.R. dan Hasani, A. (2018). Analisis Nilai-nilai Religius dalam Novel Jilbab Traveler Love Sparks in Korea Karya Asma Nadia dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya. Vol.11 No.2:28-33.

Chaer, A. (2015). Filsafat Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Depertemen Pendidikan Nasional. (2002) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Jahdiah. (2016). Cerita Rakyat Kalimantan Selatan Kisah Datu Pemberani. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa KementerianPendidikan dan Kebudayaan.

Jauhari, H. (2010). Cara Memahami Nilai Religius dalam Karya Sastra. Bandung: Arfino Raya.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset.

Kelan. (2002). Filsafat Bahasa: Masalah dan Perkembangannya. Yogyakarta: Paradigma.

Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mardalis. (2007). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Moleong, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mutmainah, R.N. dan Wulan, N.S. (2016). Analisis Konten dan Nilai Religius dalam Komik Kecil-kecil Punya Karya (KKPK). Riksa Bahasa. Vol. 2. No.1:87-93.

Novianto, N. dan Munir, S. (2017). Nilai Religius dalam Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahanendra. Literasi. Vol 1, No.2: 73-81.

Nurgiyantoro, B. (2004). Sastra Anak: Persoalan Genre. Jurnal Humaniora, Vol. 16 No.2:107-122.

Nurgiyantoro, B. (2010). Sastra Anak, Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Rahmatullah, A.S. (2014). Konsepsi Pendidikan Kasih Sayang dan Kontribusinya Terhadap Bangunan Psikologi Pendidikan Islam. Literasi, Vol. VI, No.1:29-51

Ratna, Nyoman Kutha. (2010). Metodedologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudikan, S. Y. (2015). Metode Penelitian Sastra Lisan. Lamongan: CV Pustaka Ilalang Group.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Winda, N., & Wulandari, N. I. (2021). NILAI RELIGIUS DALAM KISAH DATU PEMBERANI KARYA JAHDIAH. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 54–66. Retrieved from http://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/108

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)