INTERAKSI SOSIAL DALAM NOVEL ANAK RANTAU KARYA A. FUADI

Authors

  • Noor Indah Wulandari STKIP PGRI Banjarmasin
  • Novia Winda STKIP PGRI Banjarmasin
  • Lili Agustina STKIP PGRI Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.166

Keywords:

Interaksi Sosial, Novel

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang interaksi sosial yang terdapat dalam novel Stadium Rindu karya Miranda Seftiana. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan bentuk interaksi sosial asosiatif dalam novel Anak Rantau karya A. Fuadi, dan (2) mendeskripsikan bentuk interaksi sosial disosiatif yang terkandung dalam novel Anak Rantau karya A. Fuadi.Sesuai dengan konsep pengkajian dalam penelitian ini, maka pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi, di mana pendekatan tersebut berisi tentang masyarakat dan bagaimana hubungan yang terbentuk dalam kehidupan sehari-harinya. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik pustaka, teknik baca, dan teknik catat. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan teknik analisis isi. Berdasarkan hasil analisis bentuk interaksi sosial asosiatif dalam novel Anak Rantau karya A. Fuadi, antara lain: a) kerjasama, b) asimilasi, dan c) akomodasi. Berdasarkan hasil analisis bentuk interaksi sosial disosiatif dalam novel Anak Rantau karya A. Fuadi, antara lain: a) persaingan., b) kontravensi dan c) konflik.

References

Annisa, A., Saragih, M. A., & Purba, G. G. B. (2022). Analisis Nilai Moral Pada Film “Say I Love You” Karya Faozab Rizal. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 62-70.

Annisa, A., Simanjuntak, E., & Sihombing, F. (2022). Analisis Struktur Dan Nilai Moral Cerita Rakyat Batu Marsiompaan Samosir. Jurnal Basataka (JBT), 5 (1), 42-49.

Bungin, M. Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Danandjaja, James. (1982). Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Grafiti Press.

Daniati, D., Prasetya, K. H., & Musdolifah, A. (2019). Analisis Sosok Laisa Dengan Kajian Semiotik Ferdinand De Saussure Pada Novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye. Kompetensi, 12 (1), 1-11.

Darmadi, H. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Hermawan, Sainul. (2006). Teori Sastra dari Marzis sampai Rasis. Banjarmasin: PBS FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Junus, Umar. (1985). Resepsi Sastra: Sebuah Pengantar. Jakarta: PT Gramedia.

Moleong, Lexy J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nadira, Ainun. (2018). Interaksi Sosial dalam Novel Tanjung Kemarau Karya Royyan Julian (Kajian Teori Georg Simmel). Jurnal pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (1): 3.

Nurgiyantoro, Burhan. (1994). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Ramban, H., Tampubolon, C., & Annisa, A. (2020). Analisis Nilai Moral Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (1), 27-32.

Ratna, Nyoman Kutha. (2016). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya (cetakan II). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Khuta. (2007). Sastra dan Cultural Studies, Represantasi Fiksi dan Fakta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Segers. Rien T. (1978). Sastra dan Cultural Studies, Representasi Fiksi dan Fakta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 13-24.

Soekanto, Soerjono. (2005). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Simbolon, D. R., Perangin-angin, E., & Nduru, S. M. (2022). Analisis Nilai-Nilai Religius, Moral, Dan Budaya Pada Novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijk Karya Hamka Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Jurnal Basataka (JBT), 5 (1), 50-61.

Suharsimi, Arikunto. (1998). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: CV Angkasa.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Wulandari, N. I., Winda, N., & Agustina, L. . (2022). INTERAKSI SOSIAL DALAM NOVEL ANAK RANTAU KARYA A. FUADI. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 340–348. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.166

Most read articles by the same author(s)