KONDISI RIEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI BALIKPAPAN (TINJAUAN IMPLEMENTASI DAN PROBLEMATIKA)
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v4i2.137Keywords:
Pembelajaran Jarak Jauh, Peran Pemangku Pembelajaran, Problematika dan SolusiAbstract
Fokus masalah dalam penelitian ini berdasarkan pada penyelenggaraan pendidikan darurat Covid 19 yakni kebijakan belajar dari rumah. Belajar dari rumah sebagai pilihan sulit untuk tetap berjalannya proses belajar mengajar sekaligus meminimalisir penyebaran covid 19. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) sebagai solusi sementara agar peserta didik tetap belajar walaupun tidak hadir ke kelas di sekolahnya dan bertatap muka dengan guru dan teman pembelajarnya. Tujuan Penelitian ini untuk mengungkap kondisi riel PJJ di SMA Negeri Balikpapan, mengungkap peran penting pemangku pembelajaran seperti Guru mata pelajar, BK, walikelas, para siswa dan orangtua, serta mengungkap problematika dan solusi oleh sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif bersumber dari wawancara, analisis dokumen, dan observasi pada kegiatan (PJJ) kepada guru SMA. Hasil penelitian mencakup (1) Perencanaan PJJ yakni memilih media online, Zoom Meeting , Google Meet dan Google Clasroom, Google Form, dan Whatsapp menentukan materi dan agenda penugasan. Media dan materi ditetapkan di RPP satu lembar. (2) Aspek pelaksanaan PJJ daring dengan mengobservasi terjadinya interaksi siswa untuk mengekplorasi pengalaman belajar. (3) Aspek evaluasi berupa penugasan portofolio dan ulangan yang direncanakan. Kendala dihadapi guru adalah siswa kurang disiplin masuk ruang pertemuan virtual, kurang interaktif dan cenderung pasif, kurang stabilnya jaringan internet baik yang dihadapi guru maupun para siswanya. Keluhan para siswa cepat bosan dalam pertemuan yang didominasi oleh guru dengan waktu meeting yang sangat terbatas.
References
Aminah, D. (2020). Dinamika Interaksi Guru dan SIswa Pada Pembelajaran Produk Kreatid dan Kewirausahaan Kelas XI Akuntansi di SMKN3 Sukoharjo. Surakarta: Program STudi Pendidikan AKuntansi FKIP UMS.
Ardianti. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di SMA Negeri 2 Kampar. Raiau Edication Joural (REJ) , 1-8.
Aurora, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E- Learning terhdap Motivasi Belajar Mahasiswa DI Universitas Negeri Padang. JTEV(Jurnal Elektro dan Vokasional) Volume 05 No 02, 11-16.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri Cikarang Barat Bekasi. Edunesia, 2018-2018.
F., N. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Pada Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan EKonomi Indonesia Vol 1 No2, 61-65.
hukum, K. R. (2003). Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Kemenag RI.
Innayah. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online, Motivasi Belajar dan kompetensi Dosen Terhadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Promosi Vol 8 No 2, 38-47.
Istikhomah, H. (2014). Persepsi Mahasiswa Tentang Media Pembelajara E-learning. Jurnal Kebidanan Volume 2 Agustus 2014, 107-114.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 1016Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud RI.
Kemendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 15 tahun 2018 tentang Beban Kerja Guru, Kepsek dan Pengawas. Jakarta: Kemendikbud JDIH.
Kurniawan, A. (2020). Pemanfaatan JB Class Untuk Mendorong Kemandirian Belajar. Ide Guru Jurnallmiah Guru Vol 5 Nomor 1, 1-8.
Mansur, A. R. (2020). Dampak Covid -19 Terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 113-123.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid 19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Al-Asma, 1-12.
Muti"ah, S. W. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Unram. Jurnal Pensa Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 3 Nomor 1, 139-148.
Nurhasanah, P. S. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring di Musim Pandemi Covid 19 (Studi Kasus MI terpadu Alamdinah Balong Bolong Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Ponorogo: PGMI Universitas Muhamadiyah Ponorogo.
Prawantia, L. T. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid -19 . Seminar Nasional Pasca Sarjana UNNES (pp. --). Semarang: Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
RI, K. (2007). Permendikbud Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kemendiknas RI.
Sabaniah, S. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid-19. Edunesia, 43-54.
Said, N. I. (2021). Skripsi Efektivitas Pembelajaran Online terhadap Minat Belajar Agama Islam Kelas X di SMA Negeri 10 Maksar. Makasar: Fakultas Agama Islam Universitas Muhamadiyah Makasr.
SMA, T. K. (2020). Belajar dari rumah Melalui Pembelajaran Jarak jauh di SMA. Jakarta: Direktorat Pendidikan SMA.
Solikhah, N. A. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Bahasa inggris Secara Mandiri Dalam Perkuliahan Daring di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and Development, 57-67.
Suciati, D. I. (2021). Perapan Pembelajaran Blanded Learning Pada Masa Pandemi Covid 19 di MI Maarif Myak Ponorogo. Ponorogo: PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo.
Trama, R. R. (2021). Pengarauh Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim. Malang: Jurusan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim.
Wahyono, P. (2020). Guru Profesional di Masa Pandemi Covid-19 Review Implementasi tantangan dan Soluasi Pembelajaran Daring. Jurnal Profesi Pendidikan, 51-65.