ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS APLIKASI KAHOOT DI SMP PANCA BUDI MEDAN

Authors

  • Enjelina Br Purba Universitas Prima Indonesia
  • Pingki Sari Malem Barus Universitas Prima Indonesia
  • Annisa Annisa Universitas Prima Indonesia
  • Ramadhan Saleh Lubis Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.706

Keywords:

Aplikasi Kahoot, Siswa, Pembelajaran, Bahasa Indonesia

Abstract

Permainan berbasis digital merupakan strategi pembelajaran daring yang memanfaatkan program permainan yang dibuat khusus untuk mendukung pembelajaran. Penggunaan aplikasi Kahoot untuk membuat materi pembelajaran berbasis permainan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan antusiasme siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia di kelas. Pada bulan September 2024, delapan siswa dari kelas VII–4 berpartisipasi dalam penelitian kualitatif ini di Sekolah Panca Budi Medan. Dengan 85% siswa melaporkan bahwa mereka merasa lebih terinspirasi untuk belajar setelah menggunakan aplikasi Kahoot, temuan penelitian menunjukkan bahwa aplikasi tersebut memiliki efek positif pada dorongan belajar siswa. Aplikasi Kahoot berdampak pada peningkatan pembelajaran bahasa Indonesia siswa di kelas, menurut temuan penelitian yang dilakukan.

References

Ardiansyah, M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2) , 145-155.

Azhar, Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., &Astriani, L. (2020). Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162.

Cahyadi, A. (2020). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Serang: Penerbit Laksita Indonesia.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The “What” and “Why” of Goal Pursuits: Human Needs and the Self-Determination of Behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268.

Fazriyah, N., Saraswati, A., Permana, J., & Indriani, R. (2020). Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Media Dan Sumber Pembelajaran Sd. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 139–147.

Lee, J. J., & Hammer, J. (2011). Gamification in education: What, how, why bother? Academic Exchange Quarterly, 15(2), 1–5.

Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 2(1) , 19-26

Maulidina, M., Susilaningsih, S., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 113–118.

Miftah, M., & Rokhman, N. (2022). Kriteria Pemilihan dan Prinsip Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Sesuai Kebutuhan Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4) , 412-420.

Perdana, I., Saragi, R. E., & Ariwibowo, E. K. (2020). Persepsi Siswa terhadap Pemanfaatan Media Kahoot dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2) , 290-306.

Piaget, J. (1973). To Understand is to Invent: The Future of Education. Grossman Publishers.

Rahmi, L., & Alfurqan. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(3), 580–589.

Sidabutar, R. P., & Hutahaean, B. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Pendidikan Karakter Berbasis Berbebestem Dan Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP Assisi Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 194-198.

Sinaga, I. T., Rahan, N. W., & Azahari, A. R. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Nanga Bulik 6 Kabupaten Lamandau. Journal of Environment and Management, 3(1) , 55- 61.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46-53.

Suyuti, S., Wahyuningrum, P. E., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Rusmayani, N. G. A. L. (2023). Analisis efektivitas penggunaan teknologi dalam pendidikan terhadap peningkatan hasil belajar. Journal on Education, 6(1), 1-11.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Purba, E. B., Barus, P. S. M., Annisa, A., & Lubis, R. S. (2025). ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS APLIKASI KAHOOT DI SMP PANCA BUDI MEDAN. Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 221–229. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.706

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>