PENINGKATAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR SD NEGERI 066049
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.729Keywords:
Upaya, Meningkatkan Literasi, Siswa Sekolah DasarAbstract
Studi ini berorientasi guna memahami bagaimana usaha yang diterapkan oleh sekolah dasar SD NEGERI 066049 MEDAN dalam meningkatkan literasi terhadap kurangnya literasi siswa. Penelitian ini menerapkan pendekatan studi kasus dalam kerangka kualitatif untuk memahami fenomena secara mendalam. Ada beberapa dokumen yang diperoleh dengan menggunakan metode observasi langsung serta wawancara mendalam bersama guru kelas. Selain itu, data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa program literasi sekolah yang komprehensif dan berkelanjutan dapat meningkatkan budaya literasi di sekolah, yang ditunjukkan dengan peningkatan frekuensi kunjungan siswa ke perpustakaan, dan dengan adanya mahasiswa kampus mengajar7 membuat pojok baca, membuat mading yg berisi poster untuk di kunjungi siswa, dan membaca dongeng secara nyaring. Penelitian ini menyajikan pendekatan inovatif yang berhasil meningkatkan apresiasi siswa terhadap materi ajar dan mengembangkan literasi siswa dalam menyimak, menulis, memahami, dan membaca dengan strategi pengajaran yang dinamis bisa juga mengembangkan kegemaran membaca siswa serta penghargaan peserta didik atas kepedulian dan partisipasi aktif pendidik sangat utama dalam hal memicu meningkatnya literasi siswa dalam pembelajaran berbasis proyek yang memotivasi serta menciptakan siswa yang berimajinasi, berkarya dan berinovatif.
References
Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca Di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 522-527
Depari, R. B. B., Harianja, P., Purba, C. A., & Prasetya, K. H. (2022). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Siswa SMP Budi Setia Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 439-449.
Hikmah, N., Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Model Complete Sentence Muatan Bahasa Indonesia Di SDN 027 Samarinda Ulu: Indonesia. Jurnal Basataka (JBT), 3(1), 39-50.
Irani, A., & Febriyana, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Outdoor Learning Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 147-153.
Islami, R. P., & Riadi, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Gambar Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 275 Jakarta. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 271-281.
Lestari, L. T. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyusun Paragraf Narasi Menggunakan Media Rangkaian Gambar Seri Pada Siswa Kelas III Mi Almuhtadi I Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Jurnal Basataka (JBT), 3(1), 33-38.
Prasetya, K. H., Kumalasari, E., Maulida, N., & Ramadania, D. F. (2023). Analysis Of Errors In The Use Of Sentences In Anecdote Texts Via Comic Strip Media Class X Students Of TSE (Tourism Services Enterprise) SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 7(2), 824-831.
Prasetya, K. H., Utami, K. P., & Indriawati, P. (2024). Analysis Of Language Errors At The Morphological Level In Anecdote Text Writing Of Class X Students MP (Marketing Management) Of SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 63-68.
Rohim,D.C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230-237.
Rokmana, R., Fitri, E. N., Andini, D. F., Misnawati, M., Nurachmana, A., Ramadhan, I. Y., & Veniaty, S. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129-140.
Saragih, K., Damanik, A. L., Siahaan, P. R. A., & Hasibuan, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penerapan Strategi Raft (Role-Audience-Format-Topic) Pada Siswa Kelas VII SMP Nasrani 2 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 418-423.
Septika, H. D., Ilyas, M., & Prasetya, K. H. (2024). Development Of Teaching Modules Based On Local Wisdom In Learning Literature Writing For Students In Elementary School Teacher Education Program. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 89-94.
Sibarani, V. F., & Siburian, P. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Menggunakan Model Snowball Throwing pada Siswa Kelas VIII-B SMP Swasta Imelda Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 45-49.
Situmorang, F. E., Batu, R. L., Yolanda, I., Simanungkalit, A., & Nisa, K. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi Pada Kelas X SMK. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 388-393.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46-53.
Ulpah, M., Nurpratiwiningsih, L., & Toharudin, M., (2022). Analisis Dasae. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 286-294.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cindy Dwinta Hutagalung, Abigail Valensarha Marito Banjarnahor, Annisa Annisa, Ayu Indari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.