NILAI SOSIAL DALAM NOVEL “KAMI LINTANG” KARYA YUNITA R. SARAGI SEBAGAI REFERENSI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH

Authors

  • Dani Sukma Agus Setiawan Universitas Prima Indonesia
  • Aknes Nababan Universitas Prima Indonesia
  • Putri Delima Jayantari Saragih Universitas Prima Indonesia
  • Kiftian Hady Prasetya Universitas Balikpapan https://orcid.org/0000-0003-0420-939X

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.239

Keywords:

Nilai Sosial, Novel, Pendidikan Inklusif

Abstract

Penelitian ini berfokus pada nilai sosial dalam novel kami lintang karya yunita r. saragi sebagai referensi pendidikan inklusif di sekolah. Makna sosial merujuk pada makna yang dikaitkan dengan suatu objek karena seseorang memiliki perasaan atau emosi terhadap objek tersebut. Novel "Kami Lintang" mengisahkan kehidupan Lintang Kemuning, seorang wanita 25 tahun yang menderita Dissociative Identity Disorder (DID). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengumpulan informasi dari buku yang berupa data-data dan memiliki hubungan dengan nilai-nilai sosial. Data yang diperoleh meliputi tulisan, kata-kata, frasa, klausa atau kalimat yang menjelaskan struktur novel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sosial yang terkandung dalam novel "Kami Lintang" adalah kekeluargaan, tolong menolong, empati, kerja sama, toleransi dan tanggung jawab yang dapat diterapkan melalui pembelajaran dalam ruang lingkup pendidikan inklusif di sekolah.

References

Aziez, Furqonul dan Hasim Abdul. 2010. Menganalisis Fiksi. Bandung: Ghalia Indonesia.

Dhohiri, T.R. 2007. Sosiologi, Suatu Kejadian Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Yudistira.

Garnida, Dadang dan Sumayyah Dinah. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif. Palangka Raya: Refika Aditama.

Indriawati, P., Prasetya, K. H., Sinambela, S. M., & Taufan, I. S. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2 (03), 521-527.

Indriawati, P., Prasetya, K. H., Susilo, G., Sari, I. Y., & Hayuni, S. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 3 Balikpapan. Jurnal koulutus, 6 (1).

Indrawati, P., Prasetya, K. H., Ristivani, I., & Restiawanawati, N. M. (2022). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3 (3), 225-234.

Kosasih. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Nurcahyani, D., Maulida, N., & Prasetya, K. H. (2018). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter tokoh utama guru honorer dalam komik pak guru inyong berbasis webtoon karya Anggoro Ihank. Jurnal Basataka (JBT), 1 (2), 35-40.

Prasetya, K. H., Subakti, H., & Musdolifah, A. (2022). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Peserta Didik terhadap Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (1), 1019-1027.

Saragi, Yunita R. 2019. Kami Lintang. Jakarta Selatan: Loka Media.

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5 (1), 13-24.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6 (6), 10067-10078.

Supardi. 2013. "Filsafat,Ilmu dan Ilmu Sosial". Scribd, 26 April 2013, dilihat 5 Desember 2022. https://id.scribd.com/doc/138069449/SupardiDiktat-Dasar-Dasar-Ilmu-Sosial.

Qamariah, S. 2015. "Tanggung Jawab Keluarga dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Anak". E-Jurnal.

Zubaedi. 2010. Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Setiawan, D. S. A. ., Nababan, A. ., Saragih, P. D. J. ., & Prasetya, K. H. (2023). NILAI SOSIAL DALAM NOVEL “KAMI LINTANG” KARYA YUNITA R. SARAGI SEBAGAI REFERENSI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 9–18. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.239

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>