EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DICSOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP SWASTA TAMORA 2 T.A 2022/2023

Authors

  • Devi Nilam Sari Universitas Prima Indonesia
  • Nurcahayani Saragih Universitas Prima Indonesia
  • Aulia Oktaviana Sembiring Universitas Prima Indonesia
  • Wahyu Ningsih Universitas Prima Indonesia
  • Hijrah Purnama Sari Ariga Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.188

Keywords:

Efektivitas, Discovery Learning, Hasil Belajar, Teks Berita

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar kognitif Bahasa Indonesia SMP Swasta Tamora 2 pada materi teks berita dengan desain penelitian “posttest control group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Tamora 2 yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang dipilih secara simple random sampling. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model discovery learning sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada nilai rata-rata hasil belajar posstest kelas esperimen 76,3 dan kelas kontrol yaitu 68,3. Pada uji hipotesis melalui independen sample t-test dengan nilai p=0,002< a=0,05 dengan demikian model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa Kelas VII SMP Swasta Tamora 2.

References

Anisa, N., Anisa., Irmawanty. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Fungi. Jurnal Pendidikan Biologi. 4 (2): 35.

Awwaliyah, R., & Baharun, H. (2019). Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional (Telaah epistemologi terhadap problematika pendidikan Islam). Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19 (1), 34-49.

Fidanata, M. (2017). Penerapan metode pembelajaran discovery learning dengan setting kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi barisan dan deret kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung.

Hosnan, 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Indriawati, P., Prasetya, K. H., Sinambela, S. M., & Taufan, I. S. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2 (03), 521-527. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i03.1917.

Kristin, F. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana. Volume 2, Nomor 1, April 2016. 90-98.

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 13-24.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6 (6), 10067-10078.

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triwiyanto, Teguh, Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014

Tumurun, dkk. (2016). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sifat-sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1.

Undang-Undang Guru dan Dosen No 14 Tahun 2005 Bab 1 Pasal 1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Tujuan Pendidikan Nasional. Undang-undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Sari, D. N., Saragih, N. ., Sembiring, A. O. ., Ningsih, W. ., & Ariga, H. P. S. . (2022). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DICSOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP SWASTA TAMORA 2 T.A 2022/2023. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 307–313. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.188

Most read articles by the same author(s)