TRANSFORMASI LEGENDA TUNGKOT TUNGGAL PANALUAN SUKU BATAK TOBA MENJADI NASKAH DRAMA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII TAHUN AJAR 2023/2024

Authors

  • Reisa Chyntia Br Simangunsong Universitas Prima Indonesia
  • Wahyu Ningsih Universitas Prima Indonesia
  • Romauli Betania Aritonang Universitas Prima Indonesia
  • Hijrah Purnama Sari Ariga Universitas Al-Muslim

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.402

Keywords:

Naskah Drama, Transformasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses transformasi legenda Tungkot Tunggal Panaluan dari suku Batak Toba menjadi naskah drama yang dapat digunakan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia untuk siswa kelas VIII tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.. Semuanya diuraikan dari penelitian lapangan ataupun penelitian pustaka library research) dengan mengunakan buku -buku dalam penelitian ini ,jurnal atau website .Hasil penelitian menunjukkan bahwa legenda Tungkot Tunggal Panaluan memiliki akar budaya yang dalam di masyarakat suku Batak Toba. Tongkat Tungkot Tunggal Panaluan, yang diyakini memiliki kekuatan dan kesaktian, menjadi pusat cerita dalam legenda ini. Proses transformasi legenda menjadi naskah drama melibatkan penafsiran yang cermat terhadap unsur-unsur cerita seperti tokoh, alur, gaya bahasa, dan latar.Naskah drama yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi bahan ajar yang efektif dalam memperkenalkan budaya lokal kepada generasi muda, serta memperkaya pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah.. Secara praktis, penelitian ini memberikan pengetahuan yang lebih dalam tentang legenda tersebut kepada pembaca, serta memperkaya informasi bagi masyarakat secara umum. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi sumber inspirasi bagi pengajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII.

References

Amalia F, Hartono B, Utami SPT. 2018. Konjungsi Wacana Bahasa Indonesia pada Wacana Media Tulis (Online), Buku Teks (Pelajaran), dan Artikel Ilmiah. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Vol 7 (1) 73-80

Bukit B, Sinulingga S, Wiranata V, Daulat IK. 2022. Transformasi legenda si beru dayang MENJADI NASKAH DRAMA. Jurnal Bahasa Indonesia Prima Vol. 4(1) 136-144

Fakhrurozi J. 2020. Ekranisasi Cerpen ke Film Pendek: Alternatif Pembelajaran Kolaboratif di Perguruan Tinggi. Universitas Teknokrat Indonesia. 91-97

Flora, F., Tamba, K. N., Manullang, N., & Siburian, P. (2021). Parafrasa Legenda “Boru Saroding” Menjadi Naskah Drama Sebagai Bahan Ajar Di SMA. Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 93-101.

Ginting, P. T. B., Ley, R. D., Siburian, P., Prasetya, K. H., & Septika, H. D. (2022). Parafrasa Legenda “Guru Penawar Reme” Menjadi Naskah Drama Sebagai Bahan Ajar Di SMA. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 279-287.

Lestari I M, Suryani Y, Hasanah A, Maryam S. 2023. Transformasi Cerpen Sang Pendoa Karya Mahdi Idris ke dalam Naskah Drama. Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. vol. 6(1) 31–39.

Simbolon, I., Siahaan, J., & Ginting, H. (2021). Legenda Pulau Malau di Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 67-74.

Sugiono.2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. PT IKPI, Bandung, Indonesia.

Syahfitri D, Pratiwi AE, Rahmayani, Silalahi RYN. .2020.Transformasi Dan Nilai Budaya Dalam Asal Usul Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2614-4743. Halaman 10-27 Di peroleh dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS

Thalib MA. 2022. Pelatihan Analisis Data Model Miles dan Huberman untuk Riset Akuntansi Budaya. Jurnal Pengabdian Ilmiah. Volume 5(1) 23-33

Ziliwu, M. W. Y., & Batubara, R. R. (2020). Legenda Lokal Sumatera Utara Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 143-152.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Simangunsong, R. C. B., Ningsih, W., Aritonang, R. B., & Ariga, H. P. S. (2024). TRANSFORMASI LEGENDA TUNGKOT TUNGGAL PANALUAN SUKU BATAK TOBA MENJADI NASKAH DRAMA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII TAHUN AJAR 2023/2024. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 73–83. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.402

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)