PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA KELAS VIII SMP SWASTA CENDERAMATA MEDAN

Authors

  • Lidya Oviani Lexsandris Sihombing Universitas Prima Indonesia
  • Rosdawati Simanulang Universitas Prima Indonesia
  • Panigoran Siburian Universitas Prima Indonesia
  • Hijrah Purnama Sari Ariga Universitas Al-Muslim

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.479

Keywords:

Kemampuan Menulis, Teks Berita, Snowball Throwing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII di SMP Swasta Cenderamata Medan dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 orang. Instrumen pengumpulan data meliputi tes menulis, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks berita pada siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan model Snowball Throwing. Pada siklus I, nilai rata-rata kemampuan menulis teks berita siswa mencapai 55, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 75. Selain itu, partisipasi dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan yang signifikan. Model Snowball Throwing terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks berita, karena melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk berbagi informasi serta berdiskusi dengan teman sekelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model Snowball Throwing dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi guru dalam memilih strategi pembelajaran yang efektif dan menarik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

References

Ahyar, D. B. (2019). Analisis Teks Dalam Penelitian Kebahasaan (Sebuah Teori Dan Aplikatif). Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 7(2), 100-120.

Alwi, H. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Asmanijar, W., & Sitepu, T. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 186-193.

Depari, R. B. B., Harianja, P., Purba, C. A., & Prasetya, K. H. (2022). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Siswa SMP Budi Setia Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 439-449.

Irani, A., & Febriyana, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Outdoor Learning Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 147-153.

Mayasari, D., & Wikanengsih, W. (2019). Pembelajaran Menulis Teks Puisi Dengan Metode Circ Pada Kelas VIII SMPN 1 Teluk Jambe Karawang. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 219-222.

Nurjamal, Daeng, dkk. (2014). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Prasetya, K. H., Kumalasari, E., Maulida, N., & Ramadania, D. F. (2023). Analysis Of Errors In The Use Of Sentences In Anecdote Texts Via Comic Strip Media Class X Students Of TSE (Tourism Services Enterprise) SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 7(2), 824-831.

Prasetya, K. H., Utami, K. P., & Indriawati, P. (2024). Analysis Of Language Errors At The Morphological Level In Anecdote Text Writing Of Class X Students MP (Marketing Management) Of SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 63-68.

Pratiwi, N. W. E. S. (2018). Kemampuan siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue Dalam Menulis Teks Berita. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4).

Putra, M. S. (2009). Teknik Menulis Berita dan Feature. Jakarta Barat: PT. Indeks.

Rahardja, U., Lutfiani, N., & Rahmawati, R. (2018). Persepsi mahasiswa Terhadap Berita Pada Website APTISI. Sisfotenika, 8(2), 117-127.

Saragih, K., Damanik, A. L., Siahaan, P. R. A., & Hasibuan, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penerapan Strategi Raft (Role-Audience-Format-Topic) Pada Siswa Kelas VII SMP Nasrani 2 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 418-423.

Sibarani, V. F., & Siburian, P. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Menggunakan Model Snowball Throwing pada Siswa Kelas VIII-B SMP Swasta Imelda Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 45-49.

Sobur, A. (2004). Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Suhandang, K. (2005). Periklanan: Manajemen, Kiat dan Strategi. Bandung: Nuansa.

Suprijono, A. (2009). Pembelajaran Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Edisi Revisi). Bandung: Penerbit Angkasa.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Sihombing, L. O. L., Simanulang, R. ., Siburian, P. ., & Ariga, H. P. S. . (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA KELAS VIII SMP SWASTA CENDERAMATA MEDAN. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 347–353. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.479

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)