UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN CASE BASED LEARNING (CBL) PADA KELAS XI SMK IMANUEL MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v6i2.311Keywords:
Hasil Belajar, Case Based Learning, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model case based learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian kualitatif dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMK Immanuel Medan, pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Immanuel Medan, yang terdiri dari 23 siswa. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Analilis data pada penelitian kualitatif tidak dimulai ketika pengumpulan data telah selesai, tetapi sesungguhnya berlangsung sepanjang penelitian dilakukan. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif, semua data yang telah diperoleh selanjutnya akan direduksi untuk menentukan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa proses pembelajaran mengalami perbaikan dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa juga meningkat setelah menerapkan model Case based learning. Jadi, model Case based learning dapat diterapkan sebagai suatu alternatif dalam pembelajaran, karena model pembelajaran tersebut dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Ahmadi, Rulam. (2016). Pengantar Pendidikan Asas Dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Ali, Mohammad. (2014). Metodologi Dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Cahyo, Agus N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.
Gunawan. (2003). Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Jihad, Asep. (2013). Evaluasi Dan Pembelajaran. Yogyakarta: multi pressindo.
Kamdhi, J. S. (2007). Evaluasi Dan Kompetensi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
M. Thobroni. (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Paizaluddin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Saleewong, D. Suwannatthachote, P. and Kuhakran, S. (2012). Case-Based Learning on Web in Higher Education: A Review of Empirical Research. Creative Education 2012. Vol.3, Supplement, 31-34
Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman. (2012). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Septika, H. D., Ilyas, M., & Prasetya, K. H. (2024). Development Of Teaching Modules Based On Local Wisdom In Learning Literature Writing For Students In Elementary School Teacher Education Program. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Humaniora, 8(1), 89-94.
Sihotang. (2019). Berpikir Kritis Kecakapan Hidup di Era Digital. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Situmorang, F. E., Batu, R. L., Yolanda, I., Simanungkalit, A., & Nisa, K. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi Pada Kelas X SMK. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 388-393.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.
Sudjana nana. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif/Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Williams, B. (2009). Do Undergraduate Paramedic Students Embrace Case Based Learning Using A Blended Teaching Approach? A 3-year review. Australasian Journal https://doi.org/10.14742/ajet.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wahyu Ningsih, Monika Rohani, Elva Sesillia, Hijrah Purnama Sari Ariga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.