PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELAS XI SMA SWASTA FREE METHODIST TAHUN AJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.202Keywords:
Peningkatan, Berbahasa Indonesia, Media GambarAbstract
Penelitian ini memfokuskan pada peningkatkan kemampuan Bahasa Indonesia melalui media gambar. Penelitian dilakukan di kelas XI IPA/IPS SMA Swasta Free Methodist Tahun Ajaran 2022/2023. Setiap peserta didik diajak untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar yang sesuai serta ditindaklanjuti oleh guru. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dipadukan dengan pendekatan kualitatif dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Ada pun yang diukur dalam penelitian ini ialah: kefasihan dalam berbahasa Indonesia, bertanggung jawab, dan disiplin. Berdasarkan hasil tes siswa, kemampuan penggunaan media gambar peserta didik masih rendah. Nilai rata-rata siswa dalam berbahasa Indonesia melalui media gambar bercerita yang tidak sampai pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Jumlah rata-rata yang diperoleh dari tahap Prasiklus adalah 68,8. Pada siklus I Sebagian besar siswa masih belum mampu untuk menggunakan media gambar dengan metode berdrama, mereka sulit membedakan antara lafal dan intonasinya dan masih ada kesalahan penggunaan bahasa yang kurang baku. Tahap ini peserta didik mendapatkan nilai rata-rata yaitu 78,9. Pada siklus II peserta didik dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan. peserta didik pun mengalami perkembangan, yaitu mendapatkan nilai rata-rata 89,9.
References
Arsyad, Azhar. (1995). Media Pembelajaran. Jakarta : Pt. Raja Grafindo. Persada.
Azhar, Arsyad. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Rineka Cipta.
Casmudi, C., & Prasetya, K. H. (2021). Kondisi Riel Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri Balikpapan (Tinjauan Implementasi Dan Problematika). Jurnal Basataka (JBT), 4 (2), 189-198.
Endang, 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta : Sakarmita Training
Imam Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.
Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Purwanto. 2010. Metodologi Peneltiian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.
Sudjana, Nana. dan Rivai, Ahmad. (2007). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru. Algensindo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Zainal Arifin. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Gebi Roida Silitonga, Wahyu Ningsih, Hijrah Purnama Sari Ariga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.