ANALISIS NILAI - NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL “RASA” KARYA TERE LIYE TERHADAP ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Wahyu Ningsih Universitas Prima Indonesia
  • George Hagai Barus Universitas Prima Indonesia
  • Stevani Putri Hutahaean Universitas Prima Indonesia
  • Hijrah Purnama Sari Ariga Universitas Al-Muslim

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v6i2.312

Keywords:

Pendidikan Karakter, Novel Rasa, Era 5.0, Relevansi, Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menegetahui relevansi nilai-nilai pendidikan karakter pada novel “Rasa” karya Tere Liye terhadap era society 5.0 sekarang ini. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (library research), sumber data yang digunakan ada dua sumber yakni, sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membaca novel “Rasa” karya Tere Liye secara menyeluruh dan mencatat bagian-bagian yang akan diteliti. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, sajian data, dan klarifikasi dan simpulan. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel “Rasa” karya Tere Liye ialah nilai religius, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, bekerja keras dan gemar membaca. Novel “Rasa” karya Tere Liye ini sangat mungkin memberikan karakter positif bagi masyarakat era 5.0 ini, novel ini memberikan nilai-nilai pendidikan karakter yang postif bagi pembacanya, karakter utama dalam novel ini juga memberikan energi positif yang mampu mempengaruhi pembacanya, seperti mandiri, ulet dan pekerja keras.

References

Amirullah syarbini. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Karakter Anak Disekolah, Madrasah, Dan Rumah. Jakarta : Prima Pustaka.

Daniati, D., Prasetya, K. H., & Musdolifah, A. (2019). Analisis Sosok Laisa Dengan Kajian Semiotik Ferdinand De Saussure Pada Novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye. Kompetensi, 12 (1), 1-11.

Dwi Hadya. J (2019). Minat Masyarakat Indonesia Terhadap Buku Lampaui Singapura. [Online]. Tersedia: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/24/minat masyarakat-indonesia-terhadap-buku-lampaui-singapura.

Fauliyah, F. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Anak- Anak Langit Untuk Membina Karakter Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. 1, 94–111.

Hayati, K. F., Lubis, R. S., Ramawati, D., Lubis, N. H., & Mahsa, M. (2022). Analisis Makna Dan Nilai Moral Dalam Lirik Lagu" Titip Rindu Buat Ayah" Karya Ebiet G. Ade Dan" Bunda" Karya Melly Goeslaw Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basataka (JBT), 5 (2), 477-481.

Kahfi, A., Meylani, I. R., Maharani, W. B., & Damariswara, R. (2023). Analisis Nilai Moral Dalam Film “Losmen Bu Broto” Karya Sutradara Ifa Isfansyah Dan Eddie Cahyono. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 108-117.

Liye, Tere. (2022). Rasa. Depok: PT Sabak Grip Nusantara

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Ndraswara, Suwardi. (2011). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Caps.

Nurgiyantoro, Burhan. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Bpfe.

Pasaribu, T. L., Raja, F. E. V. L., Ginting, C. A. B., Setiawan, D. S. A., & Septika, H. D. (2023). Nilai Moral Dan Sosial Novel “Senja Di Langit Asahan” Karya Aye Maye Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sekolah. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 1-8.

Purba, J. B., Rajagukguk, P. E., Tamba, N., Simanungkalit, A., & Nisa, K. (2022). Analisis Nilai-Nilai Moral Dalam Novel Pemetik Bintang Karya Venerdi Handoyo. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 269-278.

Sangidu. (2004). Penelitian Sastra: Pendekatan, Teori, Metode, Tekinik dan Kiat. Yogyakarta: Unit Penerbitan Sastra Asia Barat Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada.

Setiawan, D. S. A., Nababan, A., Saragih, P. D. J., & Prasetya, K. H. (2023). Nilai Sosial Dalam Novel “Kami Lintang” Karya Yunita R. Saragi Sebagai Referensi Pendidikan Inklusif Di Sekolah. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 9-18.

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 13-24.

Siswantoro. (2010). Metode Penelitian Sastra Analisis Struktural Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Titik, Maslikatin. 2007:2). Pengantar Ilmu Sastra: Buku Ajar. Jember: Fakultas Negeri Jember.

Wardani, Y.F., & Suhita, S. (2018). Nilai Pendidikan Karakter dalam Nonel Rindu Karangan Tere Liye: Tinjauan Psikologi Karakter. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 246-274, doi.org/10.21009/aksis

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Ningsih, W., Barus, G. H. ., Hutahaean, S. P. ., & Ariga, H. P. S. . (2023). ANALISIS NILAI - NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL “RASA” KARYA TERE LIYE TERHADAP ERA SOCIETY 5.0 . Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 404–413. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i2.312

Most read articles by the same author(s)