PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN DI SMAN 6 BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.612Keywords:
Pengenalan, Lapangan, PersekolahanAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan pengenalan lapangan persekolahan di SMAN 6 Balikpapan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang berlokasi di SMAN 6 Balikpapan di kelurahan Batu Ampar Kecapatan Balikpapan Utara Kota Balikpapan dengan waktu pelaksanaan semester ganjil tahun akademik 2024/2025. Kalimantan Timur 76136. Populasi penelitian ini yaitu siswa SMAN 6 Balikpapan, dengan ssubyek penelitian siswa SMAN 6 Balikpapan Kelas X. Teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. bahwa (1) SMAN 6 Balikpapan selalu menerapkan gotong royong terhadap budaya local dan nasional; (2) kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru bekerja secara professional dan mencerminkan tanggungjawab; (3) kegiatan ekstra kulikuler yang banyak diminati siswa yaitu Engglis club, pramuka, habsy, PMR, silat; (4) selama praktik PLP mahasiswa Universitas Balikpapan mempunyai pengalaman mengajar, tanggung jawab, disiplin, sabar, toleransi, saling menghargai dan menghormati, saling membantu, sopan santun, jujur, tekun, mau menerima kritik, dan rajin; 5) Siswa SMAN 6 Balikpapan memiliki beragam kemampuan intelektual yang berbeda.
References
Ajim, N. (2023, September). Menemukan Informasi Aktual dan Akurat pada Teks Berita ITS Juara Umum Kontes Robot Indonesia 2020. Link: https://www.mikirbae.com/2023/09/menemukan-informasi-aktual-dan-akurat.html
Bender, D. (2020). Education and career skills acquired during a design internship. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education 2020, 32(3), 358–366.
Maharbid, D. A. (2022). Analisis Soft Skill Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Program Pengenalan Lapangan Persekolahan. Elementary Journal, 4(2), 116–126.
Marwati, H & Waskitaningtyas. 2021. Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Depok: Kemendikbud.
Nanda, S. (2024, 18 Juli). Pengertian Teks Berita, Unsur, Struktur, Jenis dan Contoh. Link: https://www.brainacademy.id/blog/memahami-teks-berita
Septika, H. D., & Wahyuni, S. E. (2021). Analisis Penanaman Karater Disiplin Siswa Sd Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid. Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 177-182.
Sidabutar, R. P., & Hutahaean, B. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Pendidikan Karakter Berbasis Berbebestem Dan Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP Assisi Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 194-198.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46-53.
Susanti, S., Fira, D. S., Simamora, I. P., Sartika, M., & Girsang, R. (2024). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kebiasaan Menjiplak/Meniru Tugas Teman Dan Membolos Pada Siswa Kelas X E-3 Di Sman 12 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 63-72.
Zainal, Nur Fitriani. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584 – 3593.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maryatin Maryatin, Tazkia Umi Muflihah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.