PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PEMAHAMAN MATERI TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

Authors

  • Delpi Lestari Universitas Riau
  • Hasnah Faizah Universitas Riau
  • Silvia Permatasari Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.773

Keywords:

Teams Games Tournament, Pembelajaran Kooperatif, Pemahaman, Teks Biografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap pemahaman materi teks biografi siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Model TGT menggabungkan unsur kerja sama kelompok dan kompetisi akademik yang menyenangkan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen menggunakan model TGT, dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda dengan indikator C4 dan C5. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar kedua kelompok (Asymp. Sig. < 0,001), sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi teks biografi.

References

Alawiyah, A., Sukron, J., & Firdaus, M. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Times Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 69–82. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah

Astutik, T., & Abdullah, M. H. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidkan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 1(2).

Fauziyah, N. E. H., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.459

Feranti, N., Charlina, C., & Permatasari, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Kelas XI SMA. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 731-743.

Indriyanto, A., Haidir, H., & Annisa, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Sultan Iskandar Muda Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 48-52.

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. Journal Of Information Systems And Management, 02(05). https://lipi.go.id/id/

Nazidah, F. (2023). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP YPM 3 Taman Sidoarjo. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 485-493.

Pandiangan, O., Purwanto, P., & Haidir, H. (2019). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 57-62.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Sururi, I., & Wahid B S, A. (2022). Teams Games Tournament (TGT) Sebagai Metode Untuk MeningkatkanKetrampilan Berbicara Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.3139/http

Taromi, Faizah AR, H., & Caska. (2019). Peangaruh Disiplin dan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru Di SMP 4 Kecamatan Siak Hulu Kabupaten kampar. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7. https://jmp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JMP/index

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Lestari, D. ., Faizah, H. ., & Permatasari , S. . (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PEMAHAMAN MATERI TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU . Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 681–687. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.773

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>