ANALISIS PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS TINGGI SDN 024 SAMARINDA UTARA

Authors

  • Hani Subakti Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Kiftian Hady Prasetya Universitas Balikpapan

Keywords:

Pembelajaran Daring, Bahasa Indonesia, Pemberian Tugas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya proses pembelajaran daring bahasa Indonesia pada siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Dalam prosesnya semua penjelasan baik berupa materi serta video pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media aplikasi whatsapp. Hal ini mengharuskan para siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru secara mandiri di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran daring Bahasa Indonesia melelui pemberian tugas pada siswa kelas IV di SDN 024 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2020/2021. Adapun teknik penentuan subjek yang digunakan dalam penelitan ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, pemilihan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jenis triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian di lapangan ditemukan bahwa pembelajaran daring bahasa Indonesia dilakukan melalui aplikasi whatsapp. Semua materi serta video pembelajaran bahasa Indonesia diberikan oleh guru kepada siswa melalui pemberian tugas mandiri. Siswa mengumpulkan tugas mandiri yang telah diberikan ke sekolah dengan jadwal yang sudah ditentukan. Masih ditemukannya siswa yang belum memahami sepenuhnya materi-materi yang diberikan oleh guru. Hal ini tergantung dari tingkat kesulitan materi pembelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan secara daring. Namun, para siswa tetap berusaha untuk memahami materi tersebut dengan cara bertanya melalui whatsapp atau datang ke sekolah secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran daring bahasa Indonesia melalui pemberian tugas yang diberikan oleh guru selama proses pembelajaran pada siswa kelas IVB di SDN 024 Samarinda Utara berjalan dengan cukup baik.

References

Amelia, Aisyah dkk. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran online dalam Masa Pandemi COVID-19. Madura: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Darmayanti dan Wijaya. (2020). Evaluasi Pembelajaran IPA. Bandung: Nilacakra.

Dewi, Maria. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar PKN Melalui Pemberian Tugas. Bandar Lampung: Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia https://s.docworkspace.com/d/AEHVDVaokbRNuord0Z6nFA.

Dikcy, D. (2020). Hubungan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pelemkerep terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Daring. Kudus: Progres Pendidikan.

Gusty, Sri dkk. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi COVID-19. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Handayani, Eka Selvi dan Hani Subakti. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 027 Samarinda Ulu. Vol.3, No.2, Desember 2020. Halaman 81-89, https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.90.

Hikmah, Nurul, Eka Selvi Handayani, dan Hani Subakti. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Model Complete Sentence Muatan Bahasa Indonesia di SDN 027 Samarinda Ulu. Vol.3, No.1, Juni 2020. Halaman 39–50, https://doi.org/10.36277/basataka .v3i1.80.

Irawati, Nova dkk. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Metode Survey Sederhana. Jakarta: Jurnal Dinamika Pendidikan.

Laspa, Saneba. (2017). Upaya Pembelajaran Terstruktur dengan Pemberian Tugas dalam meningkatakan Prestasi Belajar IPS. Tadulako: Jurnal Kreatif Online. https://s.docworkspace.com/d/ANblMmmokbRNqvLG0Z6nFA.

Mediawati, dkk. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jawa Tengah: Jurnal Prosiding.

Pohan, Efendi Albert. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Timur: Sarnu Untung.

Prawati, Siska. (2016). Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam pembelajaran IPS. Sogol: Jurnal Kreatif Tadulako Online. https://s.docworkspace.com/d/AM8PmWKokbRNgsnB0Z6nFA

Purba, Jony Frikson. (2019). Pengaruh Metode Pemberian Tugas terhadap Hasil Belajar Siswa. Medan: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika.

https://s.docworkspace.com/d/ADBeNaWokbRNovXY0Z6nFA

Riyanto dan Hatmawan. (2020). Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Budi Utama.

Setiawan. (2020). Students Worksheet For Distance Learning Based on Scientific Literacy in the Topic Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Kudus: Jurnal Surotul Ilmiyah. https://thesiscommons.org/fpg4j/.

Subakti, Hani dan Eka Silvi Handayani. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol (5) No 1 (2021) 247-255 https://doi.org/10.31004/basicedu.v5il.648.

Subakti, Hani dan Kiftian Hady Prasetya. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Vol.3, No.2, Desember 2020. Halaman 106-117, https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.93.

Subakti, Hani. (2019). 8 Konsepsi Landasan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Parepare: Kaaffah Learning Center.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yus, Anita. (2015). Penilaian Perkembangan Belajar Anak. Jakarta: Kencana.

Zakariyah dan Hamid. (2020). Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Rumah. Surabaya: Jurnal Intizar. https://s.docworkspace.com/d/AE_vM9qokbRN6sv-w56nFA.

Prawati, Siska. (2016). Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam pembelajaran IPS. Sogol: Jurnal Kreatif Tadulako Online.

https://s.docworkspace.com/d/AM8PmWKokbRNgsnB0Z6nFA

Purba, Jony Frikson. (2019). Pengaruh Metode Pemberian Tugas terhadap Hasil Belajar Siswa. Medan: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika.

https://s.docworkspace.com/d/ADBeNaWokbRNovXY0Z6nFA

Riyanto dan Hatmawan. (2020). Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Budi Utama.

Setiawan. (2020). Students Worksheet For Distance Learning Based on Scientific Literacy in the Topic Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Kudus: Jurnal Surotul Ilmiyah. https://thesiscommons.org/fpg4j/.

Subakti, Hani dan Eka Silvi Handayani. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol (5) No 1 (2021) 247-255 https://doi.org/10.31004/basicedu.v5il.648.

Subakti, Hani dan Kiftian Hady Prasetya. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Vol.3, No.2, Desember 2020. Halaman 106-117, https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.93.

Subakti, Hani. (2019). 8 Konsepsi Landasan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Parepare: Kaaffah Learning Center.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yus, Anita. (2015). Penilaian Perkembangan Belajar Anak. Jakarta: Kencana.

Zakariyah dan Hamid. (2020). Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Rumah. Surabaya: Jurnal Intizar.

https://s.docworkspace.com/d/AE_vM9qokbRN6sv-w56nFA

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS TINGGI SDN 024 SAMARINDA UTARA. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46–53. Retrieved from http://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/109

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>