PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI TEKS PUISI SISWA KELAS X SMA DHARMA LOKA
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.771Keywords:
Numbered Heads Together, Pemahaman Puisi, Pembelajaran KooperatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan memahami teks puisi siswa kelas X SMA Dharma Loka. Permasalahan yang diangkat ialah rendahnya pemahaman siswa terhadap puisi akibat metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen Randomized Pretest-Posttest Control Group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen berupa tes pilihan ganda untuk mengukur pemahaman sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dengan rata-rata posttest 88,97 dibanding kelas kontrol yang hanya mencapai 77,94. Uji hipotesis dengan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model NHT. Temuan ini merekomendasikan NHT sebagai alternatif efektif untuk meningkatkan kemampuan memahami teks puisi secara kolaboratif dan partisipatif.
References
Aulia, F., & Lena, M. S. (2023). Improving Integrated Thematic Learning Outcomes Using The Numbered Head Together (NHT) Cooperative Mode. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 10(3), 255–264. http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v10i3.60057
Hardiana, G., & Salikha, P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together ( NHT ) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila. 5(2), 218–224.
Mirdad, J., & Pd, M. I. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). 2(1), 14–23.
Pandiangan, O., Purwanto, P., & Haidir, H. (2019). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 57-62.
Prasetyo, H., & Destiyanti, A. Z. (2023). Analisis Historis Pendidikan Islam Sejak Kemerdekaan, Orde Baru, Era Reformasi Hingga Sekarang (Zonasi & Full Day School). Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 3(1). https://doi.org/10.59818/jpi.v3i1.411
Rahmadhani, A., Annisa, A., & Daulay, I. (2019). Pengaruh Model Pair Check Terhadap Kemampuan Mengindentifikasi Unsur-unsur Teks Narasi (Cerita Fantasi) Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Budi Setia Sunggal Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 28-34.
Sanusi, M. N. (2024). Penerapan Kurikulum Merdeka di SMKN 3 Banjarmasin. Pendidikan Dan Pembelajaran, 01(2), 72–82.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.
Taromi, Faizah, H., & Caska. (2019). Pengaruh Disiplin dan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru DI SMP 4 Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. 7(1), 83–94.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zelpi Ayuni, Hasnah Faizah , Silvia Permatasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.