PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP PENGUASAAN MATERI TEKS EKSPOSISI KELAS X SMA NEGERI 3 BAGAN SINEMBAH
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.786Keywords:
Model Jigsaw, Teks Eksposisi, Penguasaan Materi, Pembelajaran KooperatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap penguasaan materi teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 3 Bagan Sinembah. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap teks eksposisi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, terjadi peningkatan nilai dari pretest 52,53 menjadi posttest 66,02, yaitu meningkat 13,49 poin. Sementara itu, pada kelas eksperimen yang menggunakan model Jigsaw, terjadi peningkatan signifikan dari pretest 50,83 menjadi posttest 80,88 atau meningkat sebesar 30,05 poin. Uji signifikansi menunjukkan nilai 0,00 < 0,05, yang berarti model pembelajaran Jigsaw efektif dalam meningkatkan penguasaan materi teks eksposisi.
References
Abdussamad Zuchri. 2021. “Metode Penelitian Kualitatif”. Makassar: CV. Syakir Media Press.
Abidin, Z. (2021) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Dengan Metode Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sarasvati. Vol. 3. Hlm 33-45
Amin, M., Andayani, A., Nurkamto, J., Setiawan, B., & Ngadiso, N. (2019). The Development of Video Compact Disk Media Using a Scientific Approach for Expository Writing: A Casein Indonesian Senior High Schools. Anatolian Journal of Education, 3(1), 1–20.
Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2).
Arifin. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi kedua. Jakarta: Bumi Aksara
Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai- nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 69-88.
Fitriani, L., Jaya, W. S., & Angraini, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Pada Kelas VIII SMP NEGERI 17 Pesawaran Tahun Pelajaran 2023/2024. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 615–620.
Herawati, L., & Irwandi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 09 Lebong. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneunship Vi, 1–9.
Heriwan, D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 673–680.
Hikmah, S.N.A. (2021). Pengembangan instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna 2 (1).
Lestari, M. N. (2018). Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 19 Pematangsiantar Tahun 2017/2018. UIN Sumatera Utara Medan, 18
Magdalena, I., Syariah, E. N., Mahromiyah, M., & Nurkamilah, S. (2021). Analisis Instrumen Tes sebagai Alat Evaluasi pada Pembelajaran SBdP Siswa Kelas II SDN Duri Kosambi 06 PAGI. Nusantarqa: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 276-287
Mulawarman), ita novi (universitas, & Mulawarman, kodari haidar (universitas. (2023). Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi Volume 5 No 1 Juli 2023 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Muara Bengkal. 5(1), 21–34.
Pertiwi, S., & Kolen, K. V. (2020). Pengaruh Media Film Terhadap Keterambilan Menulis Narasi Pada Mata pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD 02 Pagi Cipayung. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 4(1), 10-19.
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388.
Rahmi, D. A., Ma’wa, J., & Alim, J. A. (2024). Analisi Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(1), 35–41.
Ramadhan, H., Permatasari, S., & Zulhafizh, Z. (2024). Pengaruh Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri Madani. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 805–816.
Wicaksono., Buchori, A., & Nugroho, A. A. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantu Media M-Math untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar. Didaktik: Jrunal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04).
Wulandari, A. B., Kusmiarti, R., & Asmara, A. (2025). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi melalui Model Project Based Learning dengan Pendekatan Saintifik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 417–430
Yunus, Mohammad. 2019. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas terbuka.
Yusuf, Y., Ridwan, I., Denni, I. (2017). Keterampilan Menulis Pengantar Pencapaian Kemampuan Epistemik. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tifani Indah Prasiti, Silvia Permatasari, Tria Putri Mustika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.